Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Michael Faraday-Penemu Motor listrik Pada 1821

Listrik adalah rangkaian fenomena fisika yang berhubungan dengan kehadiran dan aliran muatan listrik. Listrik menimbulkan berbagai macam efek yang telah umum diketahui, seperti petir, listrik statis, induksi elektromagnetik dan arus listrik. Adanya listrik juga bisa menimbulkan dan menerima radiasi elektromagnetik seperti gelombang radio.

Dalam listrik, muatan menghasilkan medan elektromagnetik yang dilakukan ke muatan lainnya.


Michael Faraday
Lahir : 22 September 1791 Newington Butts, Inggris
  • Meninggal : 25 Agustus 1867 (umur 
  • 75) Pengadilan Hampton, Middlesex, Inggris 
  • Tempat tinggal : Inggris 
  • Kebangsaan : Britania 
  • Bidang : Fisika dan Kimia 
  • Institusi : Institusi Kerajaan
Dikenal karena :
  • Hukum Induksi Faraday 
  • Elektrokimia Faraday 
  • Sangkar Faraday 
  • Konstan Faraday 
  • Cangkir Faraday 
  • Hukum Elektrolisis Faraday 
  • Alat Pemutar Faraday 
  • Efek Episiensi-Faraday 
  • Gelombang Faraday 
  • Roda Faraday
Dipengaruhi :
  • Humphry Davy 
  • William Thomas 
Penghargaan :
  • Medali Royal (1835 & 1846) 
  • Medali Copley (1832 & 183)
  • Medali Rumford (1846) Biografi Perjalanan Masa Kecil Michael Faraday

Biografi Sosok Penemu Listrik "Michael Faraday"...

Michael Faraday dilahirkan di Newington Butts, London, Britania Raya. Keluarganya pindah ke London pada musim dingin tahun 1790. Dan pada musim semi tahun itu Faraday dilahirkan. Faraday adalah anak ketiga dari 4 bersaudara yang hanya sedikit mengenyam pendidikan formal. Pada usia 14 tahun ia magang sebagai penjual dan penjilid buku. Selama tujuh tahun bekerja sebagai penjual dan penjilid buku memberikan ia banyak kesempatan untuk membaca banyak buku dan pada masa inilah ia mengembangkan rasa keingintahuannya pada Sains.

Pada Usia 20 tahun ia berhenti magang dan menghadiri kuliah yang disampaikan oleh Humphry Davy. Dari situlah ia kemudian berhubungan dengan Davy dan akhirnya menjadi asisten Davy saat ilmuwan itu mengalami gangguan pada penglihatannya akibat dari nitrogen trichloride. Dan dari sinilah ia akhrinya memulai kisah hidupnya yang luar biasa.

Kelistrikan dan Magnet Faraday menjadi terkenal berkat karyanya mengenai kelistrikan dan magnet. Eksperimen pertamanya ialah membuat konstruksi tumpukan volta dengan 7 uang setengah sen, ditumpuk bersama dengan 7 lembaran seng serta 6 lembar kertas basahan air garam. Dengan konstruksi ini ia berhasil menguraikan Magnesium Sulfat.

Pada tahun 1821 Hans Christian Orsted mempublikasikan fenomena elektromagnetisme. Dari sinilah Faraday kemudian memulai penelitian yang bertujuan untuk membuat alat yang dapat menghasilkan "rotasi elektromagnetik". Salah satu alat yang berhasil ia ciptakan adalah homopolar motor, pada alat ini terjadi gerakan melingkar terus-menerus yang ditimbulkan oleh gaya lingakaran magnet mengelilingi kabel yang diperpanjang hingga ke dalam genangan merkuri di mana sebelumnya sudah diletakan sebuah magnet pada genangan tersebut, maka kabel akan berputar mengelilingi magnet apabila dialiri arus listrik dari baterai. Penemuan inilah yang menjadi dasar dari Teknologi Elektromagnetik Ssaat Ini.

Faraday membuat terobosan baru ketika ia melilitkan dua kumparan kabel yang terpisah dan menemukan bahwa kumparan pertma akan dilalui oleh arus, sedangkan kumparan kedua dimasukan dimasukan arus. Inilah yang saat ini dikenal sebagai induksi timbal-balik. Hasil percobaan ini menghasilkan bahwa "perubahan pada medan magnet dapat menghasilkan medan listrik" yang kemudian dibuat model matematikanya oleh James Clerk Maxwell dan dikenal sebagai Hukum Faraday.

Michael Faraday Ilmuan Penemu Listrik Dunia

Saat ini listrik sudah merupakan kebutuhan paling penting bagi umat manusia. Dengan listrik segala aktifitas manusia dapat dengan mudah dilakukan. Listrik merupakan salah satu energi yang bisa dikatakan menguasai hajat hidup orang banyak karena manfaatnya yang sangat penting.

Penemu listrik adalah Michael Faraday dan berkat penemuannya tersebut, ia kemudian dijuluki sebagai "Bapak Listrik". Michael Faraday dikenal sebagai ilmuwan yang banyak mempelajari berbagai hal. Namun pria yang lahir pada tanggal 22 September 1791 di Inggris ini lebih banyak memberi perhatian pada bidang elektromagnetisme dan elektrokimia.

Awal Penemuan Listrik oleh Maichael Faraday

Sebenarnya kelistrikan sudah menjadi sebuah fenomena sejak zaman Yunani kuno. Hal ini diketahui ketika seorang cendekiawan Yunani bernama Thales menemukan sebuah fenomena ketika batu ambar yang digosok-gosok ternyata mampu menarik sehelai bulu.

Hal ini kemudian dituliskan dalam catatannya...

Dari hal inilah yang kemudian memunculkan banyak teori-teori tentang kelistrikan yang banyak dikemukakan oleh para ilmuwan seperti Ampere, Faraday, Coulomb dan Joseph Priestley. Diantara nama-nama tersebut, Michael Faraday mempunyai kontribusi paling besar mengenai kelistrikan dan elektromagnetik.

Terkenalnya nama Michael Faraday sebagai "Bapak Listrik" bermula ketika ia membuat sebuah Eksperimennya yang pertama kali dengan menggunakan 7 uang logam yang kemudian ia tumpuk dengan 7 lembaran seng serta 6 lembar kertas yang dibasahi air garam.

Hal ini ia lakukan mengikuti konstruksi tumpukan Volta ketika menemukan baterai pertama kali. Dari ekperimen faraday ini kemudian menguraikan magnesium sulfat Selanjutnya, di tahun 1821, Christian Orsted mempublikasikan sebuah jurnal mengenai fenomena Elektromagnetisme.

Dari hal itu kemudian membuat Faraday mencoba melakukan riset lanjutan dari publikasi Orsted. Faraday kemudian membuat sebuah alat yang kemudian dapat menghasilkan sebuah "Rotasi Elektromagnetik" yang merupakan cikal bakal ditemukannya listrik oleh Faraday. Alat yang Faraday ciptakan bernama Homopolar Motor.
Ilustrasi Homopolar Motor
Menciptakan Homopolar Motor Untuk Menemukan Arus Listrik

Dalam alat yang diciptakan Faraday terjadi sebuah gerakan berputar terus-menerus, gerakan ini ditimbulkan dari gaya lingkaran magnet yang mengelilingi kawat yang panjang hingga kedalam larutan merkuri dan didalam larutan tersebut sudah terdapat magnet.

Sehingga kawat akan terus berputar jika dialiri listrik yang berasal dari seoual baterai. Penemuan Faraday inilah yang kemudian menjadi sebuah dasar dari Teknologi Elektromagnetik saat ini.

Dari percobaan itu ia menemukan sebuah motor listrik pertama menggunakan listrik sebagai tenaga penggeraknya.

Puncak penemuan medan listrik oleh Faraday ketika ia melakukan percobaan dengan melilitkan dua kumparan kawat yang terpisah dan ia kemudian menemukan apa yang dikenal dengan nama induksi timbal balik, magnet dilewati potongan kawat, maka aliran listrik masuk ke kawat, yang kemudian magnetnya berjalan.

Dari sini ia kemudian membuat sebuah kesimpulan bahwa "Perubahan pada medan magnet dapat menghasilkan medan listrik". James Clerk Maxmel kemudian membuat rumus matematikanya dan kemudian dikenal dengan nama Hukum Faraday.

Kecemerlangan Faraday dalam membuat penemuan-penemuan besar tidak lepas dari sosok bernama Humphry Davy yang merupakan mentomya yang membimbing Michael Faraday ketika di laboratorium. Ia juga mengajak Faraday keliling Eropa untuk menambah pengetahuan mereka baik itu secara teknis maupun teoritis.

Banyak membuat sebuah penemuan-penemuan baru yang berguna bagi manusia dibididang kelistrikan. Dibawah bimbingan Davy, Michael Faraday.

Michael Faraday sendiri wafat pada tanggal 25 Agustus 1867. Untuk mengenang jasa-jasanya dibidang kelistrikan, namanya kemudian diabadikan dalam sebuah satuan dalam ilmu flsika yaitu satuan kapasistansi dengan simbol (F) atau Faraday.

Kutipan. (Satu-satunya yang saya perlukan ialah waktu, Alangkah hebatnya jika saya dapat membeli waktu-waktu yang terbuang.......Michael Faraday).

Post a Comment for "Michael Faraday-Penemu Motor listrik Pada 1821"

Berlangganan via Email