Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengetahui Ciri-Ciri Modus Penipuan Mandiri E-Cash oleh Oknum

Bagi anda yang sering melakukan aktivitas jual beli online, harus waspada terhadap model penipuan baru yang sedang berkembang. Penipuan ini meniru pembayaran barang menggunakan e-cash atau e-money berbasis server melalui aplikasi pada smartphone.
Ciri ciri penipuan E cash
Modus Oknum Penipuan Mandiri e-Cash
Penipuan ini cukup sering ditemukan di situs pengguna jual beli barang yang cukup populer, seperti Shopee, Tokopedia, atau OLX. Kebetulan pembahasan kali ini mengenai pengalaman Andina Yulianti (29), kata seorang pengguna OLX, baru-baru ini dia hampir menjadi korban.

"Jadi ada calon pembeli barang yang saya iklankan di OLX, tapi katanya, hanya bisa membayar via layanan e-cash karena rekening banknya bermasalah," kata Andina untuk coil (kumparan.com), Minggu (16/7).

Untungnya, Andina yang belum benar-benar mengerti mekanisme pembayaran melalui e-cash, segera menyadari kekhasan dalam instruksi untuk menarik uang dari e-cash yang diajukan oleh penipu.

"Dia mengatakan kepada saya bagaimana cara menarik uang ke rekening saya melalui ATM, ada menu Top Up, sejauh yang saya tahu, top up berarti mengisi saldo, jadi sangat aneh jika saya mengisi saldo e-cash-nya, "kata Andina.

Andina menjelaskan, ia langsung melakukan kontak dengan penipu, setelah membaca informasi dari OLX tentang perkembangan modus penipuan via e-cash.

Berdasarkan informasi pihak OLX di situs tersebut, awalnya calon pembeli (penipu) akan memberi tahu penjual bahwa mereka telah mentransfer uangnya. Kemudian, dia akan meminta penjual untuk mengikuti langkah-langkah untuk menarik uang pembayaran / transfer melalui ATM e-cash emiten. Jika itu yang terjadi, Anda harus waspada.

Berikut adalah ciri dan model yang sering dibuat menipu melalui layanan media ecash.

1. Lakukan Pembayaran Melalui E-Cash
Setelah meminta barang terjual seperti calon pembeli lainnya, pelaku cenderung menolak melakukan pembayaran melalui bank lain di luar bank penerbit e-cash. Pelaku akan mendesak dan mengeluarkan berbagai alasan untuk menggunakan e-cash untuk membayar biaya pokok penjualan korban.

Jika pembeli potensial berkeras melakukan pembayaran dengan e-cash, Anda harus segera menolak dan menutup pembicaraan untuk menghindari kecurangan.

2. Mengirimkan Bukti Dana Penarikan
  • Saat melakukan pembayaran dengan transfer, tentunya Anda akan mengirimkan nomor rekening bank dan nama lengkap ke calon pembeli. Jika terjadi kecurangan melalui e-cash, nomor rekening dan nama lengkap Anda akan digunakan untuk membuat bukti transfer fiktif. Contoh seperti di bawah ini.

Korban penipuan e cash
Screenshot
Pelakunya kemudian mengirimkan langkah-langkah yang menurutnya ditujukan untuk menarik dana yang ditransfer. Bahkan pelaku juga menawarkan bantuan untuk membimbing korban untuk menarik pembayaran. Bagi korban yang tidak terbiasa dengan fasilitas e-cash, tuntunan pelaku sangat membantu. Sebenarnya, Anda sedang dikawal untuk mengisi e-cash pelaku dengan nominal dicap pada kode OTP palsu. Kode OTP yang tercantum pada tanda terima transfer fiktif ini, adalah jumlah nilai atau saldo yang dikirim oleh Anda ke akun e-cash pelaku.

3. Uang Anda Ditarik oleh Pelaku
  • Setelah mengikuti langkah-langkah di atas, saldo ATM anda akan otomatis turun atau bahkan terkuras habis. Pelaku akan memutus komunikasi dan tidak bisa dihubungi. Pihak Bank praktis sulit melakukan tracking karena untuk mendaftar e-cash, tidak perlu rekening bank yang dimaksud. Proses pendaftaran dalam aplikasi e-cash tidak memerlukan verifikasi dan data yang terkandung dapat dipalsukan.


"Karena itu, OLX sangat menyarankan agar Anda melakukan transaksi dengan calon pembeli atau calon pembeli COD atau bertemu langsung, karena ini bisa mengurangi kecurangan dan kecurangan yang dilakukan oleh calon penjual atau pembeli potensial," kata OLX.

Baca Lebih Jelasnya : Percakapan Melalui Pesan WhatsApp Oknum Penipu Modus Pembayaran E-Cash

Share Artikel ini. Membantu orang lain terhindar dari hal hal yang tidak diinginkan seperti kasus penipuan melalui pembayaran E-Cash.


Sumber: Kumparan.Com

Post a Comment for "Mengetahui Ciri-Ciri Modus Penipuan Mandiri E-Cash oleh Oknum"

Berlangganan via Email