Munculnya Mozilla Firefox Pada Tahun 2002

Mozilla Firefox (aslinya bernama Phoenix dan kemudian untuk sesaat dikenal sebagai Mozilla Firebird) adalah peramban web lintas platform gratis yang dikembangkan oleh Yayasan Mozilla dan ratusan sukarelawan. 
Pesaing Google Mesin perambah Mozilla Firefox
Mozilla Firefox
Sebelum rilis versi 1.0-nya pada 9 November 2004, Firefox telah mendapatkan sambutan yang sangat bagus dari pihak media, termasuk dari Forbes dan Wall Street Journal. Dengan lebih dari 5 juta download dalam 12 hari pertama rilisnya dan 6 juta hingga 24 November 2004, Firefox 1.0 adalah salah satu perangkat lunak gratis, sumber terbuka (open-source) yang paling banyak digunakan di antara pengguna rumahan.

Melalui Firefox, Yayasan Mozilla bertujuan untuk mengembangkan sebuah peramban web yang kecil, cepat, sederhana, dan sangat bisa dikembangkan (terpisah dari Mozilla Suite yang lebih besar). Sejak 3 April 2003, Firefox dan klien surel Thunderbird telah menjadi fokus utama pengembang Yayasan Mozilla untuk menggantikan Mozilla Suite.

Firefox dapat dijalankan pada berbagai macam sistem operasi seperti Microsoft Windows, Linux, Mac OS X, dan FreeBSD. Versi stabil dan terbaru Firefox saat ini adalah 57.0, yang dirilis pada 14 November 2017.

Pendiri Mesin Perambah Mozilla Firefox.

Pendiri Mesin Perambah Firefox Blake Ross
Blake Ross
  • Lahir : 12 Juni 1985 (umur 31) Miami, Florida, Amerika Serikat.
  • Tempt tinggal : San Francisco, California
  • Pendidikan : Universitas Stanford.
  • Pekerjaan : Pembuat Software, pengusaha (pemilik firefox)
  • Dikenal karena : Mendirikan/ Pencipta Mozilla Firefox.

Pendiri Mozilla Firefox Blake Ross mendapat penghargaan
Awal Kemunculan Mesin Perambah Mozilla Firefox : Para pengguna Internet pasti sudah tidak asing dengan nama Mozilla Firefox, sebuah aplikasi web browser yang powerful yang terkenal dan banyak digunakan oleh para peselancar di dunia maya. Namun siapa sangka, pembuat dari Mozilla adalah anak muda yang kini berumur 29 Tahun yaitu Blake Ross. Pemuda ini lahir di Miami, Florida, Amerika Serikat pada tanggal 12 Juni 1985. Ketika ia masih berumur 10 tahun, ia sudah membuat website pertamanya dan diumurnya yang ke 15 tahun ia sudah menjadi seorang kontraktor dari perusahaan Netscape.

Biografi Blake Ross Pembuat Mozilla Firefox Sebenarnya pada tahun 2002, Blake Ross dan Dave Hyatt sudah memulai membuat versi terbaru dari Netscape Web Browser yang memiliki Fitur yang simpel, stabil, dan cepat yang kemudian menjadi cikal bakal Mozilla Firefox .Dari Kecerdasannya kemudian ia diterima untuk kuliah di Universitas Standford tahun 2003, Amerika Serikat, setahun ia kuliah disana.

Ia kemudian mengembangkan mozilla sebagai aplikasi web browser di internet yang ketika itu aplikasi web browser lebih banyak dikuasai oleh Internet Explorer dan juga Netscape Navigator. Di tahun 2004, Mozilla Firefox buatan Blake Ross resmi dirilis ke publik. dimana saat itu umurnya baru berusia 19 tahun.

Blake Aaron Ross Masuk Dalam Kategori Renegade of the Year

Hingga pada akhirnya, Blake ross memutuskan untuk keluar dari kampusnya, Stanford University pada tahun 2005. Pada tahun yang sama pula, Blake ross masuk nominasi dalam penghargaan majalah Wired. dalam kategori Renegade of the Year.

Pesaingnya untuk mendapatkan penghargaan yaitu dua pendiri dari Google yakni Sergey Brin, dan Larry Page serta Jon Stewart, ditahun yang sama juga ia masuk dalam majalah rolling Stone dalam 2005 Hotlist.

Blake Ross membuat awal yang baru dengan kawannya yang merupakan mantan pegawai Netscape bernama Joe Hewitt, dia merupakan pencipta dari aplikasi Firebug yang mempunyai fungsi dalam hal antarmuka firefox dan juga kode-kode penyusun.

Mereka berdua kemudian bekerja sama dalam menciptakan aplikasi bernama parakey. yakni sebuah antarmuka pengguna baru yang didesain untuk menjembatani kesenjangan antara desktop dan web atau bisa disebuat sebagai Sistem Operasi Web. Kemudian pada tanggal 20 Juli 2007, BBC memberitakan bahwa facebook berhasil mengakuisisi Parakay.

Keunggulan Mozilla Firefox Ciptaan Blake Ross

Dalam waktu yang cukup singkat Firefox cepat diterima oleh masyarakat, dan merupakan web browser yang paling banyak digunakan oleh pengguna Internet di seluruh dunia. Bayangkan saja disaat peluncuran versi Firefox 2.0, pengguna yang mengunduhnya lebih dari 2 Juta orang hanya dalam tempo 24 jam saja. Keunggulan lainnya dari Firefox adalah program yang dibuat sangat cepat, stabil, mudah digunakan untuk pengguna rumahan serta aman dari gangguan iklan serta virus selain itu Firefox juga didistribusikan secara gratis dan bersifat open source artinya mudah dimodifikasi oleh komunitas atau pengembang.

Persaingan Sengit Antara Netscape dengan Internet Explorer

Perang Web Di tahun 1998 Netscape vs Internet Explorer
Netscape versus Explorer
Blake Ross menciptakan mozilla firefox di ilhami dari perang web browser tahun 1998 antara Internet Explorer dan Netscape yang kemudian dimenangkan oleh Internet Explorer buatan Microsoft, tetapi dari sini kemudian Netscape memiliki cara lain untuk bertahan yaitu mereka membuka kode program dari aplikasi Netscape sehingga dapat dikembangankan oleh pengembang lain, hal ini kemudian yang memicu Blake Ross membuat Firefox yang kemudian menjadi aplikasi web browser dengan pengguna terbanyak didunia. Logo yang dipilih Blake Ross untuk mozilla firefox yaitu seekor burung phoenix dengan warna abu-abu Mozilla dan Netscape. Kemudian berubah menjadi Logo Ruba Api.

No comments for "Munculnya Mozilla Firefox Pada Tahun 2002"

Berlangganan via Email