Mengatasi Google Play Error Android

Smartphone Android merupakan Ponsel yang memiliki sistem yang paling fleksibel saat ini, disamping begitu banyak kelebihan yang ditawarkan oleh ponsel berbasis OS Android ini. Namun ada beberapa masalah yang sering muncul pada handset berbasis Android ini. Salah satunya adalah Download Error Play Store mengalami masalah atau secara tiba tiba terhenti ketika download.

Mengatasi Aplikasi Android Google play store Error

Cara mengatasi Google play store error
Google Play Store Error
Ada kalanya handphone android kita tidak bisa mendownload aplikasi yang disediakan oleh Google play store karena alasan tertentu. Biasanya google playstore error sering terjadi pada Os Android versi Lolipop ke bawah. Misalnya terlalu banyak chace, jaringan yang tidak stabil, hingga ruang kosong yang tidak mencukupi.

Lalu bagaimana Cara Mengatasi Download Error Pada Google Play Store Di Handphone Android?

Sebenarnya harus di cari tahu terlebih dahulu apa penyebab terjadinya Error tersebut, karena banyak hal yang bisa menyebabkan terhentinya download di play store.

Ada beberapa cara yang bisa memperbaiki masalah terjadinya error pada google play store,
Sedikit tips untuk memperbaiki kesalahan download pada play store tersebut. Tetapi yang perlu kalian cermati disini adalah; setiap solusi yang saya berikan mungkin tidak akan sama dengan masalah yang ada pada handphone android kalian.

Maka dari itu alangkah baiknya saya menyarankan untuk mencari kesalahan yang terjadi terlebih dahulu. Agar kalian bisa memilih solusi yang tepat untuk handphone yang kalian miliki.

Cara mudah mengatasi gagal download di GooglePlay store karena Error

Oke lngsung saja. Hal yang paling sering terjadi ketika melakukan download pada play store terhenti adalah karena cache, jika penyebab terhentinya proses download pada play store handphone android anda karena cache maka solusinya adalah sebagai berikut :

  • Masuk ke settingapplication ⇨ manage applications lalu pilih All.
  • Cari Google Play Store dan sentuh tombol clear data ⇨ Tekan Yes untuk melanjutkan.
  • Selanjutnya sentuh clear cache dan tekan Yes untuk mengkonfirmasi

Jika Penyebab kegagalan download aplikasi dari play store handphone android anda adalah karena low space, maka solusinya adalah sebagai berikut :

  • Masuk Ke setting.
  • Masuk ke SD card & phone storage.
  • Periksa ruang kosong yang tersisa pada memori internal dengan melihat besaran available space yang tersedia.
  • Jika memang ruang kosong memori anda sedikit, maka anda harus meng uninstall/ hapus beberapa aplikasi pada handphone android anda.
  • Restart

Jika Penyebab Download Error Play store anda karena masalah koneksi, maka berikut solusinya :

  • Setting jaringan anda ke 3G menjadi WCDMA Only/H+. Apabila belum mendukung jaringan WCDMA, Seting ke jaringan 3G Untuk versi android saya rasa hampir semua android mendukung jaringan 3G.

Ketikan kode manual *#*#4636#*#*# lalu cari wcdma atau 3G only dan aktifkan. (tidak mendukung di perangkat samsung).

Sebetulnya untuk mengatasi terjadinya Error pada Play store hanya cukup dengan 3 cara seperti diatas.


Tapi apabila masih Muncul terjadinya Error di google play, ini solusi paling sensitif dan harus dipersiapkan.
Memperbaiki masalah Download Error pada play store maka kalian harus melakukan factory reset pada handphone android (reset ke pengaturan pabrikan).

Semoga Artikel ini bisa membantu dan bisa bermanfaat. Terimakasih

No comments for "Mengatasi Google Play Error Android"

Berlangganan via Email