Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Aktivasi dan Kegunaan Hostpot Wifi di Android

Cara bagaiman membuat Wifi /Hotspot sendiri di Android bisa kita lakukan dengan mudah menggunakan Hp Android.

Yang dimaksud dengan membuat Wifi ini adalah dengan cara mengaktifkan Hotspot Portable Android yang memang sudah menjadi salah satu fitur unggulan dari Smartphone/Tablet Android. Sehingga Android tersebut bisa menjadi pemancar wifi dan bisa digunakan untuk mengakses internet pada perangkat lain baik Laptop (PC) maupun perangkat Tablet dan Smartphone lainnya.

Cara Mudah Menfaktifkan Jaringan Wifi Hostpot di Perangkat Smartphone Android

Cara ini juga sangat efektif jika kamu tidak ingin menggunakan modem untuk digunakan pada Laptop, atau ketika teman sedang kehabisan paket data internet, kamu bisa mengaktifkan Hostpot ini untuk membantunya.

Aktifkan WiFi Hostpot Portable Di Smartphone Android.


1. Aktifkan terlebih dahulu DATA INTERNET dari ponsel Android. Sebagai contoh disini saya menggunakan Android Asus.
Cara Mengaktifkan Pemancar Wifi atau Hostpot Portable Smartphone Android
Data Internet Aktivasi Hostpot Android
2. Masuk ke menu Pengaturan, Geser sampai menemukan menu Lainnya.
Cara mengaktifkan Fitur Hostppt Wifi di Android dengam Mudah
Aktivasi Wifi Hostpot Android
3. Selanjutnya klik Menambatkan & hotspot portabel.
Cara Mengaktifkan Wifi Hostpot di Android
Pengaturan Hostpot Wifi Android
4. Sebelum menyalakan Hotspot Wifi, alangkah baiknya kamu mengubah Nama Hostpot/ Pemancar Wifi agar mudah di kenali dan Membuat Password yang rumit namun mudah diingat (Lihat Gambar).
Cara Mudah Menggunakan Layanan Hostpot Wifi Pada SmartPhone
Kofigurasi Wifi Hostpot Android
5. Setelah semuanya selesai kamu sudah bisa memancarkan saluran Hotspot Wifi dari Ponsel, dan bisa berbagi Data Internet ke Ponsel Android, Tablet, PC,  saudara atau teman. Rahasiakan Password WiFi Hotspot yang sudah kamu buat dari orang orang yang tidak kamh kenal.

Catatan :
Tutorial diatas mungkin saja tidak ditemukan di perangkat yang kamu miliki, Seperti Samsung, LG, Oppo dan perangkat lainnya, karena mungkin perbedaan letak menu pengaturan.

Berikut Penjelasan Mengenai Apa itu Hostpot.


Hotspot adalah suatu istilah bagi sebuah area dimana orang atau user bisa mengakses jaringan internet, asalkan menggunakan PC, laptop atau perangkat lainnya dengan fltur yang ada WiFi (Wireless Fidelity) sehingga dapat mengakses internet tanpa media kabel

Atau definisi Hotspot yang lain adalah area dimana seorang client dapat terhubung dengan internet secara wireless (nirkabel atau tanpa kabel) dari PC, Laptop, notebook ataupun gadget seperti Handphone dalam jangkauan radius kurang lebih beberapa ratus meteran tergantung dari kekuatan frekuensi atau signalnya. Baca juga tentang: Pengertian wireless dan cara kerjanya lebih lengkap.

Fungsi Hotspot yaitu dengan Hotspot kamu bisa melakukan koneksi internet seperti browsing, berkirim email, chatting transaksi bank, mendownload, sambil menunggu seseorang, hangout, maupun saat bertemu dengan rekan bisnis kamu dan lain-lain.

WiFi adalah kependekan dari "Wireless Fidelity" merupakan sebutan untuk standar jaringan atau network nirkabel (tanpa kabel) dengan menggunakan Frekuensi Radio yang sering dikenal dengan Radio Frequency (RF). Di mana ketika awalnya Wi-Fi hanya ditujukan untuk pengunaan perangkat nirkabel (jaringan tanpa kabel) dan Local Area Network (LAN), namun pada saat ini wifi lebih banyak digunakan untuk mengakses jaringan internet. Sehingga dalam hal ini sangat memungkinan jika seseorang dengan komputer yang berisikan fitur wireless card ataupun PDA (Personal Digital Assistant) untuk bisa terhubung dengan internet dengan menggunakan titik akses atau yang lebih dikenal dengan sebutan istilah "hotspot".

Keuntungan jika menggunakan WiFi yaitu sangat praktis, dimana komputer dapat terhubung ke dalam jaringan tanpa membutuhkan perantara kabel.

Tips jika menggunakan hotspot, supaya aman:
  • Jangan mengaktifkan file sharing folder PC/laptop kamu, jika kamu terhubung dengan jaringan publik, karena memungkinkan orang lain juga dapat mengakses folder yang kamu sharing.
  • Matikan juga sharing printer PC/Laptop kamu.
  • Selalu mengaktifkan anti virus dengan update yang terbaru.
  • Jangan sekali-kali berikan username dan juga password kamu kepada orang lain.


Sekian tutorial sederhana Cara Mengaktifkan Wifi Hostpot pada perangkat Smartpone dan pengertian apa itu Hotspot dalam internet dan fungsinya, semoga dapat menambah pengetahuan dan bermanfaat. Terimakasih

Post a Comment for "Cara Aktivasi dan Kegunaan Hostpot Wifi di Android"

Berlangganan via Email