Benjamin Franklin Penemu Sistem Penangkal Petir dan 8 Karya Lainnya

Penangkal Petir adalah rangkaian jalur yang difungsikan sebagai jalan bagi petir menuju ke permukaan bumi tanpa merusak benda benda yang dilewatinya.

Penemuan System Penangkal Litrik Asal Amerika.

Penemu Penangkal Listrik dan Alat lainnya sosok seseorang penemu terbanyak dalam sejarah Benjamin Franklin
Alat Penemuan Benjamin Franklin
Ada banyak system yang beredar dipasar untuk mengamankan suatu bangunan atau area dari sambaran petir: Anti Petir konvensional system, Penyalur Petir elektrostatis (radius), radioaktive. Alat ini sering disebut pula sebagai konduktor petir atau batang Franklin.

Penangkal petir secara luas digunakan di seluruh dunia sebagai sistem perlindungan petir. INSTALASI PETIR dianggap efektif karena mengurangi kerugian terkait kebakaran dan kerusakan struktural akibat sambaran petir. Alat ini umumnya terbuat dari logam, idealnya logam yang sangat konduktif seperti tembaga atau almunium. Ketika petir menyambar logam tersebut, listrik akan disalurkan melalui kawat menuju ke tempat pembumian (grounding).

Penyalur Petir bekerja dengan mengalihkan listrik dari struktur bangunan yang rentan. Itu sebab, alat ini lazim dipasang di atap bangunan. Anti Petir harus dihubungkan dengan kawat atau kabel yang akan langsung menyalurkan energi listrik ke tanah, alih-alih merambat melalui kabel telepon atau listrik yang bisa memicu kebakaran. Benjamin Franklin merupakan orang yang diakui sebagai penemu Anti Petir.

Biografi Benjamin Franklin Penemu Asal Amerika

Penemu sekaligus Orang yang paling banyak memunculkan kreasi yang sangat berguna bagi uman manusia Benjamin Franklin
Benjamin Franklin
Lahir : 17 Januari 1706 Boston, Teluk Massachusetts, Amerika
  • Meninggal : 17 April 1790 (umur 84) Philadelphia, Pennsylvania, Amerika.
  • Istri : Deborah Read
Anak :
  • William Franklin
  • Francis Folger Franklin
  • Sarah Franklin Bache
Kebangsaan : Amerika

Partai Politik : Independent

Profesi
  • Imuwan 
  • Penulis
  • Politikus

Foto Penemu Lensa Kacamata Benjamin Franklin
Benjamin Franklin
Kisah Perjalanan : Franklin adalah orang dengan banyak jenis pekerjaan dan keahlian. Ia adalah seorang wartawan, penerbit, pengarang, filantrofis, abolisionis , pelayan masyarakat (pejabat), ilmuwan, diplomat, dan penemu sekaligus! Franklin juga adalah salah seorang pemimpin Revolusi Amerika, dan salah satu penandatangan Deklarasi Kemerdekaan Amerika.

Kata-katanya banyak yang terkenal dan dikutip orang. Misalnya "waktu adalah uang" kemungkinan besar berasal dari dirinya. Karena ia juga seorang penerbit dan pemilik percetakan, banyak kata-katanya yang masih bisa dibaca orang hingga sekarang karena ia juga banyak dan rajin menulis. Ia juga terkenal dengan percobaanya mengenai listrik (penangkal petir). Dia adalah Kepala Kantor Pos pertama di Amerika, pembuat "perpustakaan umum" pertama, dan orang pertama yang mengorganisasikan barisan pemadam kebakaran kota.

Abiah, ibu Franklin, berasal dari keluarga Folger, salah satu keturunan mereka kemudian mendirikan Folgers Coffee Company. 

Josiah, ayah Benjamin Franklin, adalah pembuat sabun dan pembuat lilin. 
Abiah adalah istri kedua Josiah, sedangkan Benjamin adalah anak laki-laki terakhir Josiah. 

Ibunya ingin Benjamin bersekolah untuk menjadi pendeta, karena masalah keuangan sangat buruk, Benjamin hanya bisa bersekolah selama dua tahun. Dia adalah seorang mahasiswa dari Sekolah Latin Boston, meskipun akhirnya tidak lulus. 

Ketika Franklin berusia 15 tahun, saudaranya James memulai sebuah surat kabar independen yang disebut "New England Courant".

Kisah Perjalanan Sang Penemu Lensa Kacamata dan 8 Karya Penemuan Lainnya Yang Mendunia.

Benjamin ingin menulis artikel untuk koran tersebut, tetapi tidak pernah diberi kesempatan, dia akhirnya menulis secara anonim dengan nama samaran Mrs Silence Dogood. 

Ketika menulis sebagai Dogood, artikel Benjamin amat kritis dan berpusat pada posisi perempuan dan perlakuan yang mereka terima. 

Benjamin biasa menyelipkan naskah artikelnya di bawah pintu percetakan sehingga tidak ada yang tahu siapa yang menulisnya. 

Tulisan-tulisan tersebut segera populer dengan orang-orang tetap tidak tahu siapa penulis sebenarnya. 

Akhirnya Benjamin Franklin mengungkapkan diri setelah menulis enam belas artikel, segera setelah itu, James dikirim ke penjara dengan alasan melawan tokoh agama Puritan Boston (the Mathers) yang mendukung vaksinasi cacar yang tidak didukung keluarga Franklin. 

Akibatnya, James masuk penjara. Tanggung jawab mengurus New England Courant lantas diambil alih Benjamin. 

Saat James kembali dari penjara, dia justru tidak berterima kasih kepada Benjamin sehingga membuat hubungan mereka memburuk. Pada bulan Oktober 1723, Benjamin akhirnya pergi ke Philadelphia dan bekerja sebagai magang di perusahaan percetakan. 

Terkesan dengan kinerjanya, Gubernur Pennsylvania berjanji mendirikan bisnis percetakan untuk Benjamin. Tapi kondisi tidak berjalan sesuai rencana meskipun Benjamin sudah pergi.

Kisah Asmara Benjamin
Benjamin melamar seorang wanita bernama Deborah Read pada tahun 1724, namun ibu gadis tersebut menolak lamarannya. Enam tahun kemudian, Benjamin mengakui William sebagai anaknya. Siapa ibu William, masih merupakan misteri. 

Pada akhirnya, Benjamin bisa menikahi Deborah dan memiliki dua anak dari hasil pernikahan mereka. 

Pada tahun 1729, Benjamin membeli Pennsylvania Gazette, sebuah surat kabar dimana dia juga bertindak sebagai salah satu penulis serta pengisi kartun politik. Pada tahun 1726, Benjamin kembali ke Philadelphia dan pada 1727 mendirikan Junto, sekelompok orang yang memiliki iedealisme meningkatkan kondisi masyarakat koloni Amerika. 

Kelompok ini lantas mendirikan perpustakaan yang anggotanya bisa menyewa buku setelah membayar biaya sewa. Perpustakaan ini lantas berkembang menjadi Library Company of Philadelphia pada tahun 1731. 

Saat ini, Library Company merupakan salah satu perpustakaan penelitian terbesar. 

Pada tahun 1733, Benjamin menulis Poor Richard's Almanack dengan nama samaran Richard Saunders. 

Dia dikenal bisa memainkan beberapa alat musik seperti gitar, harpa, dan biola. Benjamin dikenal menemukan harmonika kaca serta menulis beberapa komposisi musik. 

Benjamin beruntung menyaksikan penerbangan balon udara berawak pertama di Perancis. 

Benjamjn Franklin pernah mengamati bahwa dia tetap merasa sejuk dengan mengenakan kemeja basah pada hari yang panas, hal ini membuatnya mengusulkan salah satu prinsip yang sangat penting dari pendingin yaitu pendinginan oleh penguapan. 

Benjamin Franklin adalah yang mengusulkan gagasan perihal "daylight savings". 

Layang-layang yang diterbangkan Benjamin selama badai petir merupakan cikal bakal lahirnya beberapa teori penting yang berhubungan dengan listrik.
Penemu Penangkal Petir Dengan Layang Layang Benjamin Franklin
Bermain Layang-layang ketika Badai Datang
Beberapa penemuan Benjamin yang lain meliputi penangkal petir, kompor Franklin, kacamata bifocal, dan kateter urin.

Benjamin Franklin mendirikan Union Fire Company, sebuah perusahaan pemadam kebakaran di Amerika. 

Dia memimpin Academy and College of Philadelphia. Benjamin juga menjabat sebagai Justice of Peace for Philadelphia. 

Beberapa kontribusi penting Benjamin lainnya adalah mendirikan American Philosophical Society, Pennsylvania Hospital, dan Philadelphia Contribution for Insurance Against Loss by Fire. 

Dia diangkat sebagai deputy postmaster-general of North America, di mana dia berperan melakukan reformasi pada sistem pos. 

Benjamin Franklin aktif dalam pemberontakan Pontiac dan aktif menentang 1765 Stamp Act di London. 

Harvard dan Yale University memberikan gelar kehormatan kepadanya, pada tahun 1762, Universitas Oxford menghormatinya dengan gelar doktor. 

Dia adalah salah satu penyusun Deklarasi Kemerdekaan Amerika. Benjamin juga merupakan duta besar Amerika pertama untuk Perancis. 

Franklin adalah tokoh kunci dalam American Enlightment, yang merupakan bagian dari gerakan intelektual. Pada tahun 1789, dia menulis risalah anti-perbudakan . 

Benjamin Franklin meninggal pada 17 April 1790. Otobiografmya yang diterbitkan setelah kematiannya merupakan salah satu karya klasik

Kata Kebajikan Yang di Kenang Benjamin Franklin.
"Semua yang dimulai dengan rasa marah, akan berakhir dengan rasa malu"


Berikut 9 Karya Penemuan dan Pencapaian Ilmiah Benjamin Franklin Yang Mendunia.

1. Penangkal Petir
Benjamin Franklin Sosok Penemu Alat System Penangkal Petir Asal Amerika
System Penangkal Petir Di Rumah
Banyak orang beranggapan bahwa Ben Franklin adalah seorang penemu listrik. Dia adalah orang pertama yang membagi masing-masing label listrik sebagai positif dan negatif, dan dia adalah orang pertama yang menemukan prinsip kekekalan muatan.

Pada tahun 1740, listrik adalah hal yang baru. Benjamin Franklin dan teman-temannya mulai menyelidiki fenomena listrik itu.

Pada tahun 1750 ia menerbitkan sebuah proposal untuk sebuah percobaan untuk membuktikan bahwa petir adalah listrik, lalu ia menggunakan layang-layang untuk mengumpulkan beberapa muatan listrik dari awan badai.

Dalam percobaannya terhadap listrik Franklin menemukan temuan untuk penangkal petir, yang menjadi alasan mengapa bangunan tidak tersambar petir setiap kali ada badai yang menakutkan. Dia menulis bahwa konduktor (penghantar listrik) dengan ujung yang tajam memiliki kemampuan untuk menarik muatan listrik dan memiliki jangkauan penarikan yang lebih jauh dibandingkan dengan konduktor dengan ujung yang tumpul.

Dia menyimpulkan bahwa pengetahuan akan hal ini ini bisa digunakan untuk melindungi rumah dari bahaya tersambar petir, dengan memasang sebatang besi runcing seruncing jarum dan diberi lapisan anti karat, yang diarahkan ke langit, dan pada kaki besi, diikatkan dengan kabel yang menuju ke tanah. Penangkal petir ini akan menarik muatan listrik yang ada pada awan menuju ke tanah sehingga muatan yang ada pada awan tidak cukup untuk menimbulkan petir dan kilat. 
Siapa penemu penangkal petir?
Ilustrasi Pelindung Rumah Dari Petit
Untuk menghormati jasa Benjamin Franklin di bidang kelistrikan, namanya diabadikan sebagai satuan fisika franklin (Fr) atau statcoulomb (statC) atau electrostatic unit of charge (esu). Fr adalah satuan muatan listrik dalam centimetengramodetik (cgs). Sistem SI seperti yang kita gunakan, memakai satuan Coulomb.

2. Odometer
Benjamin Franklin Penemu Odometer (Speedometer Pengukur Jarak Tempuh Kendaraan)
Pengukur Jarak Tempuh Kendaratan (Odometer)
Beberapa penemuannya yang paling terkenal selain penangkal petir adalah odometer (pengukur jarak tempuh pada kendaraan). Kita harus berterima kasih kepada Ben Franklin atas penemuan ini. Ketika Franklin bertanggung jawab atas layanan pos, ia meletakkan sebuah odometer pada kereta sebagai cara untuk menghitung jarak tempuh untuk rute pos nya.

3. Pemadam Kebakaran
Benjamin Franklin Orang Pertama  Pendiri Bifocals Pemadam Kebakaran di Amerika Serikat
"Benjamin Franklin in fire helmer of the
fire company he fonnded"
Kota Dinas pemadam kebakaran pertama kali dibentuk di dunia modern atau tepatnya di Amerika Serikat pada tahun 1736 sekitar abad ke-18, sebagai pendirinya yaitu Benjamin Franklin. Lalu pada akhirnya dinas pemadam kebakaran ini berkembang menjadi suatu organisasi yang penting di dalam suatu Negara.

Ketika itu Ben Franklin sedang mengunjungi inggris, ia memperhatikan sebuah bangunan yang saat itu habis terbakar. Hal itu membuat warga panik dan berkata “kebakaran ini terlalu buruk". Namun kelompok yang teroganisir hadir untuk memadamkan api tersebut bersama-sama. Ini yang menggerakan Ben Franklin untuk mengorganisasikan barisan pemadam kebakaran kota.

4. Bifocals (Kacamata)
Benjamin Franklin Penemu Bifocals (Lensa Kacamata)
Lensa Kacamata Manusia
Franklin secara umum diakui memberikan kontribusi cerdik untuk penemuannya yang sangat praktis. Ia memiliki bakat atas minat dan keingintahuan alami untuk menemukan cara untuk membuat sesuatu yang inovatif. Salah satu inovasi yang terbesarnya adalah kacamata dan Franklin telah cukup tepat diakui dan dikagumi sebagai penemunya. Kacamata adalah salah satu penemuan Benjamin Franklin. Setelah beberapa penilitian yang menyeluruh, kacamata dibuat oleh Benjamin memiliki dua kekuatan optik yang berbeda dalam satu lensa. Jarak lensa ditempatkan di bagian atas dan lensa menutup ditempatkan di bagian bawah. Kacamata adalah hasil zaman modern dari evolusi yang luar biasa dari ciptaan asli Benjamin Franklin yang sederhana dan praktis.

5. Glass Harmonica
Benjamin Franklin Sosok Penemu Alat Musik Glass Harmonica
Glass Harmonica
Jenis harmonika ini menggunakan serangkaian mangkok kaca atau gelas dalam berbagai ukuran untuk menghasilkan nada musik dengan cara menggesekan jari pada pinggiran mangkok ataupun gelas. Ketika Benjamin Franklin menciptakan versi mekanis pada instrumen ini pada tahun 1761, ia menyebutnya sebagai armonia yang berasal dari kata Italia dan memiliki arti harmoni.

Pada versi Franklin, 37 mangkok di pasang horizontal pada sebuah bundaran besi. Bundaran ini akan tersambung ke sebuah pedal sehingga mangkok akan berputar ketika pedal dimainkan dan musisi dapat Iangsung menyentuh pinggiran mangkok yang sedang berputar dengan jari yang telah dibasahi agar dapat menghasilkan nadanada merdu.

6. Tangan Penjapit
Benjamin Franklin Penemu Tangan Penjepit
Sebagai Contoh : Tangan Penjepit
Salah satu yang dapat diyakini bahwa hati Ben Franklin selalu ditempat yang tepat. Dibuktikan dengan penemuan tangan penjapit, yang dapat kita temukan di toko-toko saat ini. Tapi kembali pada masa Franklin sekitar 200 tahun yang lalu, bukankah sebuah inovasi yang luar biasa? Penemuan ini dibuat oleh Franklin sebagai seseorang yang gemar membaca. Ia akan merasa terganggu dengan usianya yang sudah tua. Ia mulai merasa sulit untuk menjangkau buku di rak-rak yang tinggi. Hal ini mengilhaminya untuk menciptakan batang panjang dengan penjepit di ujung nya, yang bisa menarik ke bawah buku-buku yang diinginkannya. Hal ini dianggap malas, tetapi dalam kenyataannya penemuan ini merupakan inovasi yang jenius.

7. Kompor
Benjamin Franklin Penemu Kompor Penghangat Ruangan Rumah
Stove Franklin
Melihat kayu bakar tidak banyak berguna secara efisien di perapian-perapian kolonial, dia mendesain kompor yang dikenal dengan Franklin Stove, yang menggunakan bodi yang terbuat dari besi untuk menyimpan lebih banyak panas. Kompor itu membantu keluarga miskin menghemat dan lebih hangat di musim dingin. Benjamin Franklin terkenal dengan banyak hal, salah satunya adalah penemuan Kompor Franklin. Benjamin melakukan penelitian untuk mengetahui bagaimana memperbaiki perapian setelah menyadari bahwa banyak orang sekarat setiap tahun karena berbagai bahaya perapian dalam ruangan. Ada juga kekurangan kayu pada saat itu. Ben berangkat untuk menemukan perapian yang akan lebih aman dan lebih efisien, dan dia berhasil.

Pada tahun 1742, pada usia 36, Benjamin menemukan versi asli dari Pennsylvania Fireplace, yang akhirnya dikenal sebagai Kompor Franklin. Franz Kessler adalah salah satu orang yang karyanya mengilhami Ben. Kessler menemukan sebuah sifon terbalik pada tahun 1618. Dia menggunakan sebuah baffle, yang pada dasarnya memaksa uap ke dalam sebuah sifon terbalik sehingga lebih banyak panas diekstraksi dari gas pembakaran, sebuah sistem yang dimasukkan Ben ke dalam penemuannya. Orang Prancis Jean Desaguiliers adalah inspirasi Ben yang lain. Ben mempelajari percobaan Desaguliers yang menyebabkan kesimpulan bahwa logam seperti besi tuang dapat digunakan sebagai ganti batu bata di perapian; dan logam memberikan manfaat tambahan, seperti memancarkan panas yang nyaman ke dalam ruangan.

8. Pipa Kateter
Benjamin Franklin Seorang Penemu Pipa Kateter Medis
Pipa Kateter
Agar penderita batu ginjal bisa buang air kecil, Franklin menciptakan pipa kateter untuk kencing fleksibel pertama yang digunakan di Amerika Utara. Dalam kedokteran , kateter adalah tabung tipis yang terbuat dari bahan kelas medis yang memiliki berbagai fungsi. Kateter adalah alat kesehatan yang bisa dimasukkan ke dalam tubuh untuk mengobati penyakit atau melakukan prosedur pembedahan. Dengan memodifikasi bahan atau menyesuaikan cara kateter diproduksi, adalah mungkin untuk menyesuaikan kateter untuk aplikasi kardiovaskular, urologis, gastrointestinal, neurovaskular, dan oftalmik.

Kateter bisa dimasukkan ke dalam rongga tubuh, duktus, atau bejana. Secara fungsional, mereka membiarkan drainase, pemberian cairan atau gas, akses melalui alat bedah, dan juga melakukan berbagai macam tugas Iainnya tergantung pada jenis kateter. Proses memasukkan kateter adalah kateterisasi . Dalam kebanyakan penggunaan, kateter adalah tabung tipis dan fleksibel (kateter "lunak") meskipun kateter tersedia dalam berbagai tingkat kekakuan tergantung pada aplikasinya. Kateter yang tertinggal di dalam tubuh, baik untuk sementara atau permanen, dapat disebut sebagai kateter yang berdiameter (misalnya kateter sentral yang disambungkan secara perifer). Kateter yang dimasukkan secara permanen dapat disebut sebagai permcath.

9. Gulf Stream
Benjamin Franklin Penemu Gulf Stream
Gulf Stream
Dia memberi nama dan mendeskripsikan istilah "Gulf Stream" Arus Teluk. Arus raksasa Atlantik yang bersirkulasi antara Teluk Meksiko dan pantai barat Irlandia, dan dengan tepat mengidentifikasikannya sebagai alasan mengapa perjalanan dari Inggris ke Amerika memakan waktu lebih lama pada rute-rute tertentu. Laksamana Inggris menolah penemuannya ini dan kemudian muncul dengan jawaban yang sama beberapa dekade kemudian.

Di antara sekian banyak kreasi tentang penemuannya, Franklin ridak mematenkan penemuan karena berpikir bahwa penemuannya merupakan caranya melayani masyarakat.

No comments for "Benjamin Franklin Penemu Sistem Penangkal Petir dan 8 Karya Lainnya"

Berlangganan via Email