Tahap Jualan Online Di Tokopedia

Memulai Bisnis usaha jual beli secara Online, kapanpun, dimanapun dan siapapun bisa meraih kesuksesan bersama Tokopedia. Mungkin ucapan itu cocok untuk mereka, Anda atau saya sendiri. Ibarat dimana ada kemauan disitu pasti ada jalan.
Semua bisa di lakukan bersama Tokopedia.
Apabila Anda mempunyai produk sendiri atau anda merupakan seorang distributor atau bahkan Anda hanyalah seorang dropsiper dimana anda mempunyai keingian berjualan secara online dengan syarat tidak perlu membuat blog atau website. Maka solusi terbaik adalah memanfaatkan penyedia jasa situs e-Commerce aplikasi marketplace jual beli online seperti Tokopedia yang secara gratis bisa anda download dari google playstore atau App store.

Sebagai pengguna Tokopedia anda sudah di fasilitasi berbagai inovasi di dalamnya, yang tentunya akan memudahkan Anda merintis usaha jualan online, artinya menggunakan tokopedia tidak dibutuhkan ke-ahlian khusus seperti pemograman yang berhubungan dengan design website. Anda cukup daftar dan verifikasi email kemudian upload produk ke Tokopedia.
Cara Daftar dan Berjualan Online Di Tokopedia
Daftar dan Berjualan Di Tokopedia
Sebelum anda memulai berjualan di tokopedia, ini penting dan mungkin saja wajib untuk anda ketahui sebagai pengguna baru tokopedia. Yaitu cara transaksi di tokopedia berbada dengan cara jualan di OLX atau Kaskus. Jika di Kaskus dan OLX, pembeli akan terhubung langsung dengan Anda, bahkan kalau terjadi transaksi, pembeli akan men-transfer biaya pembelian langsung ke rekening Anda, namun jika di tokopedia apabila terjadi penjualan, pembeli akan mentransfer uang ke tokopedia, selanjutnya Anda akan diberitahu oleh tokopedia melalui notifikasi dalam aplikasi atau melalui pesan email untuk segera mengirim barang ke alamat pembeli sesuai order.

Setelah melakukan pengiriman maka Anda diwajibkan untuk Input Nomor Resi pengiriman ke Tokopedia. Selanjutnya apabila mendapatkan konfirmasi dari pembeli bahwa barang sudah sampai atau sering kali untuk pembeli yang tidak konfirmasi penerimaan barang dalam 3 hari setelah status kurir-pengiriman mengisyaratkan barang diterima, transaksi akan dianggap selesai dan uang akan secara otomatis dimasukan ke fitur Saldo akun Tokopedia Anda.

Jika Saldo sudah bertambah/masuk ke fitur Saldo yang ada di Tokopedia, baru anda bisa melakukan pencairan saldo dari akun tokopedia ke rekening Bank Anda.

Penarikan dana akan diproses dalam waktu maksimal 1 x 24 jam pada hari kerja. Sedangkan untuk penarikan dana dengan tujuan nomor rekening selain bank BCA, Mandiri, BRI dan BNI, dana akan masuk dalam waktu maksimal 2 x 24 jam pada hari kerja.

Kelebihan jualan di tokopedia adalah potensi penjualan akan lebih banyak karena tokopedia sudah terpercaya, menjangkau pasar lebih luas dan tentu saja tokopedia menjadi salah satu tempat yang banyak diminati oleh mereka yang suka berbelanja online.

Sedangkan kekurangannya adalah uang dari pembeli tidak langsung masuk ke rekening Anda. Mungkin ini yang dinamakan Sistem e-Commerce. Baca lebih lengkap : Tentang Tokopedia

Apakah Anda Tertarik Berjualan di Tokopedia?

Sebelumnya PGSJJAKARTA.COM telah membahas bagaimana Cara Berjualan Di Shopee, pada kesempatan kali ini PGSJJAKARTA.COM akan membahas tentang bagaimana cara mempromosikan produk atau jualan di tokopedia tanpa harus bayar alias gratis.

Berhubung lebih banyak pengguna tokopedia menggunakan Smartphone dibanding Pc maka saya hanya membuat tutorial menggunakan aplikasi Tokopedia saja.

Langkah pertama download terlebih dahulu Aplikasi Tokopedia, agar memudahkan aktivasi lebih lanjut tahap demi tahap. Apabila sudah meng-Instal caranya sebgai berikut ;

Registrasi Akun Tokopedia

1. Buka Aplikasi Tokopedia
2. Klik Daftar
Cara mudah daftar akun Tokopedia melalui Aplikasi
Registrasi akun Tokopedia
Daftar akun Tokopedia bisa mengunakan Facebook, Google, Nomor Handpone atau Email. Agar lebih memudahkan aktivasi selanjutnya lebih baik gunakan akun google yang secara otomatis akan terkoneksi pada smartphone. Jangan Lupa jika muncul Pop-Up klik IZINKAN. (lihat petunjuk gambar di bawah ini)
Aktivasi Pendaftaran Akun Tokopedia Melalui Aplikasi
Registrasi Akun Tokopedia
Isi data profil akun Tokopedia, seperti foto profil, nama lengkap, dan verifikasi nomor handpone, di lanjut klik Ceklis ✔ Jika muncul POP-UP klik IZINKAN. Iya, usahakan nomor handpone yang di pakai aktif /standby. (lihat gambar petunjuk di bawah ini).
Tahap Registrasi Profil Tokopedia
Registrasi Profil Akun Tokopedia
Jika di tahap awal rigistrasi akun tokopedia menggunakan akun google atau gmail, di tahap ini Anda di haruskan mem-verifikasi kepemilikan nomor handpone. Sebelum verifikasi, klik terlebih dahulu "Kirim SMS Verifikasi" Anda akan mendapatkan pesan SMS dari tokopedia yang berisikan Kode Verifikasi, Masukan kode tersebut lalu klik Verifikasi. (lihat gambar petunjuk di bawah ini).
Aktivasi Verifikasi Nomor Ponsel Tokopedia
Verifikasi Akun Tokopedia
Di tahap ini Anda sudah memiliki akun Tokopedia, yang bisa di gunakan hanya sebagai pembeli atau buyer dari toko lain yang ada di Tokopedia.

Lantas Bagimana caranya agar bisa langsung berjualan di Tokopedia??

Nah, apabila anda tertarik sekaligus memiliki keinginan kuat untuk memulai berjualan di Tokopedia, tentu saja Anda harus melengkapi data diri dan data lainnya seperti alamat Domisilli toko sesuai pengiriman dan data bank yang pungsinya adalah untuk menerima penghasilan atau pencairan dana talangan dari apa yang sudah terjual melalui Tokopedia. Berhubung pada artikel ini memuat banyak teks, maka akan lebih baik pelajari (baca) hingga habis ya.

Aktivasi Alamat Toko Tokopedia
Tahap Aktivasi Alamat Tokopedia
Alamat Toko
Memasukan atau mengisi formulir alamat Toko sesuai domisilli di Tokopedia merupakan tindakan yang wajib, karena alamat yang Anda masukan nantinya akan menentukan berapa nominal ongkos pengiriman. Misalnya seperti apabila ada pengguna Tokopedia lain melakukan Order dari Toko Anda maka secara otomatis sistem tokopedia akan memberikan besaran jumblah ongkos pengiriman. Cara mengisi data alamat seperti berikut :

1. Masuk ke Tokopedia
2. Pengaturan
3. Alamat
4. Klik Simbol +
(lihat petujung gambar di bawah)
Cara memasukan alamat ke Tokopedia
Aktivasi Alamat Tokopedia
Selanjutnya Anda akan di bawa ke tab formulir yang harus Anda isi, contohnya seperti form di bawah ini (lihat gambar).
Tahap Aktivasi Memasukan Alamat Toko Online Tokopedia
Isi Formulir Alamat Toko
Seperti formulir alamat Tokopedia diatas, mungkin saja ada sebagaian orang yang masih bingung cara mengisi form tersebut dengan benar. Untuk intruksi yang mengatakan Simpan Alamat Sebagai (Contoh. Alamat Rumah, Alamat Kantor, dll. Isi dengan alamat sesuai tempat tinggal atau tempat di mana Anda melakukan aktifitas packing/pengiriman. Sebagai Contoh: Toko Radja Jaya Lt 3 C1 No 5 Senen, Jakarta Pusat. Hp: 0812899703xxx.

Lalu isi Nama diri, dan mengisi alamat kembali, ulangi memasukan alamat seperti contoh teks berwana hijau diatas.

Pilih Provinsi > Kab/Kota > Kec
Tahap Aktivasi Register Pembuatan Akun Tokopedia
Isi Formulir Alamat Toko
Selanjutnya isi kode pos > Memasukan No Handpone > Klik Pilih lokasi menggunakan Map. Untuk metode aktivasi alamat Map, Anda cukup klik lalu tunggu sejenak hingga Map Tokopedia mencari alamat sesuai domisilli secara otomatis. Apabila tidak muncul lakukan pencarian secara manual. Jika sudah jangan lupa Klik Ceklis dan Simpan.

Pungsi memasukan alamat toko bukan saja menentukan nominal ongkir pungsi lainnya yaitu sekaligus memudahkan pihak tokopedia ketika Toko anda mendapati order dari pengguna lain yang menggunakan jasa pengiriman Go-Send. Tokopedia akan secara otomatis mencarikan Driver yang nantinya akan menghampiri alamat Anda.

Aktivasi Rekening Bank Tokopedia
Tahap Aktivasi Rekening Bank Tokopedia
Rek Bank Tokopedia
Setelah selesai melakukan aktivasi Alamat Toko, selanjutnya wajib bagi penjual memasukan Nomor Rekening Bank ke dalam Tokopedia. Pungsi Rekening Bank Tokopedia tentu saja berkaitan tentang penghasilan yang di dapat, seperti pencairan dan lain sebaginya. Cara memasukan Rekening Bank di Tokopedia sebagai berikut :

1. Buka Aplikasi Tokopedia
2. Cari Pengaturan
3. Rek Bank
Muncul Pop Up ⇨ Klik Buat Kata Sandi
(lihat petunjuk gambar di bawah ini)
Registrasi Akun Google Toko Online Tokopedia
Aktivasi Rekeing Bank Toped
Selanjutnya Klik Pengaturan Akun Bank Logo + > Isi data Rekening Bank
  • Nama Diri
  • Nomor Rekening
  • Nama Bank
  • Cabang (KCP lokasi)
Sebelum Simpan Klik terlebih dahulu "Kirim Email Verifikasi". Ambil kode yang sudah di kirim oleh tokopedia melalui pesan Email > Buat Kata Sandi dan Simpan.
Tahap Registrasi Akun Toko Online Tokopedia
Aktivasi Rek Bank Toped
Registrasi Data sebagai bekal Persiapan Bisnis Online Bersama Tokopedia sudah selesai. Selanjutnya mari kita mulai membuka Gerai Toko Online Tokopedia.

Gerai Toko Online Tokopedia

Sebetulnya sewaktu setelah melakukan registrasi pendaftaran akun Tokopedia, Anda sudah bisa langsung membuat Toko Online Tokopedia, hanya saja di sini saya menjelaskan tahap demi tahap agar lebih mudah di pahami sekaligus tidak mengulangi aktivasi yang tidak perlu. Untuk memulai jualan Online melalui Tokopedia Caranya sebagai berikut :

1. Buka Aplikasi Tokopedia
2. Scrol ke bawah pilih Buat Toko
3. Buat Nama Toko
4. Buat Nama Domain
Tahap Isi Data Nama Toko dan Domain Toko Online Tokopedia
Aktivasi Toko Online Tokopedia
Seperti petunjuk gambar diatas, untuk nama Toko apabila terdapat peringatan seperti "Nama Toko Tidak Tersedia", itu menandakan Nama toko yang telah Anda masukan sudah di gunakan oleh orang lain, maka untuk mengatasinya gunakan nama toko lain hingga muncul Nama Toko Tersedia. Nah untuk Nama Domain Anda bisa menambahkan seperti yang terlihat pada contoh gambar diatas, www.tokopedia.com/ tambahkan ujung alamat url tersebut menjadi www.tokopedia.com/namatoko hingga muncul Domain Toko Tersedia. Selanjutnya klik Buka Toko.

Setelah Anda meng-Klik Buka Toko, Tokopedia akan mengirimkan pesan Email yang berisikan.

Selamat Bergabung di Tokopedia!

Hai Pemilik Toko BagsOne12, dengan menjadi Merchant Tokopedia, Anda turut membantu masyarakat dari Sabang sampai Merauke untuk menemukan solusi kebutuhannya dengan lebih mudah, transparan, dan aman.
Terima kasih sudah menjadi bagian dari perjalanan Tokopedia dalam mewujudkan pemerataan ekonomi secara digital di seluruh Indonesia.
Salam,
William Tanuwijaya
Co-Founder dan CEO Tokopedia
Anda sudah dinyatakan berhasil bergabung dengan Tokopedia untuk memulai berjualan, nah agar Toko Online yang Anda miliki terlihat lebih profesional, isi data seperti petunjuk gambar di bawah ini.
Tahap isi Data Descripsi Toko Online Tokopedia
Aktivasi Toko Online Tokopedia
Tahap Pertama : Masukan Slogan Toko > Descripai tentang Toko Anda, setelah itu klik Selanjutnya..
Tahap Kedua : Klik Dati Daftar Alamat, secara Otomatis akan menampilkan alamat yang sudah Anda masukan pada Poin Aktivasi sebelumnya. Jika benar klik Selanjutnya..
Tahap Ketiga : Aktifkan Jasa kurir, akan lebih baik gunakan salah satu jasa pengiriman yang dekat dari rumah atau toko dimana anda beraktifitas. Setelah itu klik Selanjutnya..

Di tahap ini Anda sudah memiliki sebuah toko online dan bisa memulai berjualan melalui Tokopedia. Contohnya seperti gambar di bawah ini.
Fitur Diskusi, Reputasi, dan Produk Toko Online Tokopedia
Toko Online Tokopedia
Tampilan Toko Online dari Tokopedia seperti gambar diatas memiliki berbagai menu, dimana menu menu tersebut mempunyai pungsi yang berbeda, seperti Reputasi, fitur ini menentukan baik atau buruknya toko anda, reputasi buruk biasanya di sebabkan lamanya mengirim pesanan, tidak cepat tanggap membalas komentar buyer. Sedangkan Menu Kualitas Produk, pembeli biasanya setelah melakukan order dan barang telah di terima, buyer akan menilai produk Anda sesuai atau tidak, apabila tidak sesuai ekspetasi, pembeli akan memberi nilai bintang sekaligus meninggalkan komentar negatif sebagai ungkapan ketidak puasan yang bisa di lihat oleh semua pengguna Tokopedia melalui Fitur Ulasan. Alhasil ini akan mempengaruhi performa sekaligus Reputasi buruk toko Anda. Fitur Diskusi tentu saja sesuai namanya, Diskusi memungkinkan pengguna tokopedia lain sekedar bertanya melalui produk yang anda jual. Biasanya hanya memastikan produk tersedia atau tidak.

Upload Foto Produk Ke Tokopedia

Segera upload foto produk yang anda miliki, Tokopedia menyediakan hingga 5 iframe gambar bisa anda manfaatkan, dan terdapat banyak fitur lain di dalamnya seperti (lihat petunjung gambar di bawah ini)
Tahap Aktivasi Upload Produk Jualan ke Toko Online Tokopedia
Upload Produk Tokopedia
1. Upload Gambar Produk
Masukan 3 atau 5 gambar sekaligus dalam waktu bersamaan, nah terkadang apabila hasil jepretan kamera Anda beresolusi tinggi biasanya ketika upload ke Tokopedia posisi gambar seringkali terbalik atau tidak sesuai. Baca di sini : Cara Mengatasi Posisi Gambar Terbalik di Tokopedia. Selanjutnya Masukan Nama Produk.

2. Kategori
Pilih Kategori agar pengguna Tokopedia lain mudah mengenali model produk yang Anda jual, sekaligus akan dapat di temukan dalam fitur pencarian di Tokopedia.

3. Etalase
Buat juga etalase toko, etalase pungsinya mengelompokan produk yang anda jual.

4. Harga Produk
Ini penting, Harga Produk wajib di masukan.! Apabila anda ingin mencantumkan harga grosir maka jangan lupa aktifkan fiturnya lalu masukan harga dan minimal pembelian.

5. Pengisian Produk
Anda bisa menentukan apakah produk yng di jual rillis atau ready setiap bulannya atau hanya memiliki stok terbatas.

6. Stoko Keeping Unik
Fitur ini bisa anda adalah sebagai pengenal anda bisa menempatkan kode unik di setiap item produk yang di jual.

7. Descripsi Produk
Sesuai aturan sekaligus petunjuk yang telah tokopedia berikan, usahakan membuat Caption atau keterangan produk agar terlihat menarik.

8. Varian
Isi varian sebagai informasi produk yang memiliki warna lain sekaligus stok warna tertentu.

9. Share Produk
Sesaat setelah Upload Jangan lupa untuk selalu membagikan produk melalui media sosial facebook, twitter, ig dan lain lain.

SELESAI

Mungkin cukup di sini cara daftar akun Tokopedia sekaligus memulai usaha berjualan online bersama tokopedia.  Apablia ada kekeliruan atau salah kata dalam penyampaian mohon di ingatkan dengan cara meinggalkan berkomentar. Sekian dan Terima Kasih.

No comments for "Tahap Jualan Online Di Tokopedia"

Berlangganan via Email