Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Link Dan Manfaat Link Di Halaman Website atau Blog

Jika Anda memasuki suatu rumah dan di dalam rumah tersebut terdapat beberapa pintu lorong diserati petunjuk A, B, C yang menuju suatu ruangan tertentu memudahkan Anda memilih salah satu pintu tersebut A, B, atau C untuk di kunjungi.

Manfaat Seo jika menerapkan Internal link pada postingan

Sama halnya seperti link dalam suatu website atau blog yng biasanya ditulis dengan hyperlink. Keduanya berasal dari bahasa Inggris dengan maksud yang sama. Dalam bahasa Indonesia disebut dengan istilah tautan hubungan relasi sambungan mata rantai atau sinomim lain dengan pengertian yang sama. Artinya ada 2 hal yang saling terkait dan saling mengikat.

Penjelasan Sebuah Link Di Artikel atau Postingan Blog

Dalam konteks blogging
Link artinya adalah tautan atau hubungan antar halaman. Suatu halaman blog punya hubungan yang terkait dengan halaman lain. Sebuah postingan menaut ke postingan Lain. Sebuah komponen blog widget dan panel punya sambungan ke komponen lain. Jadi ada interkoneksi antar 2 bagian.

Saluran atau pintu masuk dari link bisa ditandai dengan banyak cara. Misalnya dengan teks tombol dan gambar. Jika kursor mouse menyentuh semua tanda ini biasanya pointer akan berubah menjadi gambar tangan atau sesuai gaya pointer tertentu yang diset secara khusus. Dan semua tanda tersebut saat disentuh pointer mouse juga berubah warna muncul garis bawah atau efek efek tertentu. Semua ini sebagai penanda bagi pengunjung bahwa itu adalan sebuah link. Jika semua tanda tersebut di klik maka pengunjung akan diarahkan ke halaman lain yang sebelumnya sudah diset melalui kode atau tag khusus dibalik tanda tersebut.

Lalu apa Fungsi link pada sebuah Blog? Sangat banyak. Tapi yang paling umum adalah:


Pertamna:
Untuk mengarahkan pengunjung ke postingan tertentu yang berhubungan isinya dengan halaman yang sedang dibaca. Kedua merekomendasikan pengunjung pada alamat web atau blog tertentu tanpa mereka harus bersusah payah mengetik alamat di adress box browser atau tanpa harus repot lagi mencarinya melalui Google. Dan ketiga untuk mengundang robot search engine agar juga merayapi halaman lain secara estafet dari halaman yang dirujuk. Bagian ini sangat penting untuk SEO blog.

Cara menerapkan link yang benar di suatu artikel postingan website atau blog.

  • Kursor mouse pada suatu artikel terkait.
  • Letakan alamat halaman lain yang di tuju.
  • Ceklis Open this link in a new window
  • Klik Oke
Baca Di Sini : Apa itu Add 'rel=nofollow' attribute

Penjelasan dan Manfaat Menyertakan Link di Suatu Halaman Website atau Blog


Sedikit penjelasan..
Jadi begini, saya coba jelaskan secara singkat mudah mudahan Anda bisa langsung memahaminya!.

1. Artikel yang di buat intenal link harusnya artikel yang terkait atau berhubungan dengan topik, anda bisa mengukur tingkat relevansi artikel yang akan di buat atu di pasang link. Yang saya tau dan pernah baca, ini akan meningkatkan kekuatan SERP (Search Engine Result Page).

Manfaat Link di halaman Website Seo

Untuk belajar SEO (Search Engine Optimization) memang dibutuhkan kesabaran tingkat tinggi serta kejelian yang matang. Proses tersebut membutuhkan waktu yang tidak sedikit guna mencapai hasil yang maksimal.

Jika hampir semua artikel anda menduduki peringkat 10 besar saja pasti jumlah traffic blog anda akan meningkat dengan pesat.

Dengan demikian pengunjung blog secara otomatis akan semakin banyak. Selain judul dan penempatan kata kunci, hal yang sering di lakukan oleh para blogger profesional adalah membangun internal link.

Apa yang di maksud dengan internal link?


Internal link adalah sebuah link dari satu halaman menuju halaman lain di dalam sebuah blog/website yang sama, dimana isinya masih saling terkait atau berhubungan.

Penggunaan link di setiap halaman website seo

Jadi dalam sebuah artikel atau posting memberikan jalan pintas link yang menuju ke halaman artikel lain di dalam blog kita, yang isi posting tersebut masih berhubungan dengan topik yang sedang dibahas.

Tahukah anda bagaimana cara google menilai kualitas dari blog anda secara keseluruhan? Salah satu penilaian google adalah Bounce rate (pentalan) dan tahukah anda dengan istilah itu?

Jika pengunjung itu betah di blog anda, membaca artikel anda dan tidak cepat-cepat mau meninggalkan artikel yang sedang dibaca akan menurunkan tingkat Bounce rate. ltu artinya artikel anda mungkin artikel yang sangat menarik, jadi waktu pengunjung bisa bertahan lama.

Apalagi kalau pengunjung membaca artikel lain selain artikel yang dilihat pertama kali pada blog anda, itu artinya Bounce rate nya rendah. Dengan begitu google akan menilai bahwa artikel anda berkualitas, karena pengunjung betah berlama lama membacanya.

2. Menggunakan anchor teks yang variatif sesuai dengan halaman yang di tuju. Hal ini akan memperbanyak pula variasi kata kunci, untuk hasil pencarian di search engine.

Keyword atau kata kunci hasil dari menempatkan Link

Sebagai contoh link utama adalah "Cara menambahkan internal link", anda bisa buat anchor link nya dengan kata " Cara membuat internal link yang benar". Atau sesuai dengan kata variatif lain yang bisa mendekati kata kunci tersebut.

3. Maksimal gunakan 3 internal link untuk satu halaman posting atau artikel anda. Ingat penggunaan internal link yang berlebihan akan di anggap spam oleh google, hal ini justru akan menjadi bumerang bagi blog anda karena google sangat tidak menyukai spam.

Hindari pemakaian terlalu banayak link mengakibatkam Spam

Jika artikel anda berurutan, maka akan lebih mudah dalam penggunaan internal link ini. Lakukan pemakaian internal link secara teratur, antara satu artikel terhadap artikel lainnya.
Jika artikel anda berurutan, maka akan Iebih mudah dalam penggunaan internal link ini. Lakukan pemakaian internal link secara teratur, antara satu artikel terhadap artikel lainnya.

Usaha yang dilakukan ini membutuhkan waktu dan kesabaran, memasang dan meggunakan internal link, dan anchor “sebagai kata kunci" memudahkan robot google meng-crawl artikel sebuah blog.

Semakin teratur penggunaan internal link semakin mempermudah robot google merayapi blog anda. Fungsi lain dari internal link adalah meningkatkan Page view pada blog. Semakin banyak page view semakin bagus penilain google terhadap blog anda.

Walaupun ini terbilang tua atau klasik, sampai sekarang para webmaster masih menerapkan penggunaan dari internal link ini.

Post a Comment for "Pengertian Link Dan Manfaat Link Di Halaman Website atau Blog"

Berlangganan via Email