Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengajukan Pengembalian Dana atau Barang Dan Tentang Kebijakan Shopee

Bagaimana Cara Mengajukan Pengembalian Barang?


Sebelum kita masuk ke bagian bagaimana cara mengajukan permohonan pengembalian Dana atau Uang, ada baiknya kita simak terlebih dahulu kebijakan yang di informasikan  oleh Shopee

KEBIJAKAN PENGEMBALIAN BARANG
Mengajukan pengembalian Barang atau dana di shopee sepakat bersama
Penjual dan Pembelu Menyepakati
1. Permohonan untuk Pengembalian Barang/Dana

Dengan tunduk pada syarat dan ketentuan dalam Kebijakan Pengembalian Dana dan Barang ini serta Syarat Layanan, Pembeli dapat mengajukan permohonan untuk pengembalian barang yang dibeli ("Barang") dan/atau pengembalian uang sebelum berakhirnya Mesa Garansi Shopee seperti yang tercantum dalam Syarat Layanan.

Garansi Shopee adalah layanan yang disediakan oleh Shopee, atas permintaan Pengguna, untuk membantu Pengguna dalam menangani konflik tertentu yang mungkin timbul selama jalannya transaksi. Pengguna dapat saling berkomunikasi secara pribadi untuk menyelesaikan perbedaan mereka atau menghubungi pihak berwenang setempat untuk membantu mereka mengatasi sengketa yang terjadi sebelum, selama atau setelah menggunakan Garansi Shopee.

2. Permohonan untuk Pengembalian Barang

Pembeli hanya boleh mengajukan permohonan pengembalian dana dan/atau pengembalian barang dalam situasi berikut:

Barang belum diterima oleh Pembeli;

Barang tersebut cacat dan/atau rusak saat diterima;

Penjual telah mengirimkan Barang yang tidak sesuai dengan spesifikasi yang disepakati (misalnya salah ukuran, warna, dsb.) kepada Pembeli;

Barang yang dikirimkan kepada Pembeli secara material berbeda dari deskripsi yang diberikan oleh Penjual dalam daftar Barang; atau

Melalui kesepakatan pribadi dengan Penjual dan Penjual harus mengirimkan konfirmasinya kepada Shopee mengonfirmasikan kesepakatan tersebut.

Permohonan Pembeli harus dikirimkan melalui aplikasi mobile Shopee.

Shopee akan meninjau setiap permohonan Pembeli kasus per kasus dan, atas kebijakannya sendiri, menentukan apakah permohonan Pembeli berhasil atau tidak.

Baca Juga

Jika Pembeli telah memulai tindakan hukum terhadap Penjual, Pembeli dapat memberikan pemberitahuan formal dari pihak yang berwenang kepada Shopee untuk meminta Shopee terus menahan uang pembelian sampai penetapan resmi tersedia. Atas kebijakannya sendiri yang mutlak, Shopee akan menetapkan apakah perlu untuk terus menahan uang pembelian tersebut.

3. Tidak Ada Perubahan Pikiran

Kecuali dinyatakan dalam Kebijakan Pengembalian Dana dan Barang ini, Pembeli tidak boleh mengajukan permohonan pengembalian Barang dan/atau Dana karena ia berubah pikiran.

4. Hak Penjual

Ketika Shopee menerima permohonan dari Pembeli untuk pengembalian Barang dan/atau Dana, Shopee akan memberi tahu Penjual secara tertulis. Penjual dapat menanggapi.

Permohonan Pembeli sesuai dengan langkah langkah yang diberikan Shopee dalam pemberitahuan tertulis. Penjual harus menanggapi dalam jangka waktu yang ditetapkan dalam pemberitahuan tertulis ("Jangka Waktu yang Ditetapkan"). Apabila Shopee tidak mendengar kabar dari Penjual dalam Jangka Waktu yang Ditetapkan, Shopee akan menganggap Penjual tidak memiliki tanggapan atas permohonan Pembeli dan akan melanjutkan untuk menilai permohonan Pembeli tanpa pemberitahuan Iebih Ianjut kepada Penjual.

Shopee akan meninjau setiap tanggapan Penjual secara kasus per kasus dan, atas kebijakannya sendiri, menentukan apakah permohonan Pembeli melawan situasi yang dikemukakan oleh Penjual tersebut berhasil atau tidak.

5. Sarat Mengembalikan Barang

Untuk menikmati pengalaman yang tidak merepotkan saat mengembalikan Barang, Pembeli harus memastikan bahwa Barang, termasuk setiap barang gratis/bawaan seperti aksesoris yang datang bersama dengan Barang, harus dikembalikan kepada Penjual dalam kondisi yang diterima oleh Pembeli pada saat pengiriman. Kami akan menyarankan Pembeli untuk mengambil foto Gambar pada saat diterima.

6. Biaya Mengembalikan Barang

Pembeli dan Penjual akan berdiskusi dan saling bersepakat siapa yang akan menanggung biaya logistik pengembalian Barang.

7. Pengembalian Uang

Uang Pembeli hanya akan dikembalikan setelah Shopee menerima konfirmasi dari Penjual bahwa Penjual telah menerima Barang yang dikembalikan. Apabila Shopee tidak mendengar dari Penjual dalam jangka waktu yang ditentukan, Shopee memiliki kebebasan untuk mengembalikan jumlah yang sesuai kepada Pembeli tanpa pemberitahuan lebih lanjut kepada Penjual. Untuk informasi lebih lanjut tentang batas waktu tanggapan Penjual, silakan klik di sini. Pengembalian Dana akan dilakukan ke kartu kredit/debit atau rekening bank Pembeli.

8. Komunikasi Antara Pembeli dan Penjual

Shopee mendorong Pengguna untuk berkomunikasi satu sama lain jika timbul masalah dalam suatu transaksi. Karena Shopee hanyalah sebuah platform tempat Pengguna melakukan perdagangan, Pembeli harus menghubungi Penjual secara langsung untuk setiap masalah yang berkaitan dengan Barang yang dibeli.

Berikut cara mengajukan pengembalian Dana atau Barang yang tidak sesuai.

Namun Kami menganjurkan Anda untuk berkomunikasi dengan penjual melalui fitur Chating terlebih dahulu sebelum mengajukan permintaan pengembalian barang. Setelah Anda menerima dan memeriksa barang tersebut, Anda dapat mengajukan permintaan pengembalian barang sebelum dana Anda diteruskan ke penjual (sebelum Anda klik    "Pesanan Diterima"   atau sebelum masa Garansi Shopee berakhir).

Klik     "Ajukan Pengembalian Barang/Dana"     di halaman "Rincian Pesanan". Pilih barang yang ingin Anda kembalikan, lalu pilih alasan dan masukan alamat email Anda.

Kebijakan Dan Cara melakukan pengajuan pengembalian di shopee
Ajukan Pengembalian Barag/Dana
Cara mengajukan pengembalian dana atau barang di shopee.id
Belum Menerima Barang Pesanan

Post a Comment for "Cara Mengajukan Pengembalian Dana atau Barang Dan Tentang Kebijakan Shopee"

Berlangganan via Email