Fitur Iklanku Shopee.id (Paid Ads)

Hallo sahabat Online PGSJ
Jika sebelumnya saya sudah membahas bagaimana cara agar penjualan di Shopee bisa meningkat dengan cara memanfaatkan perangkat pihak ketiga yaitu tool auto promo shopee.

Nah pada kesempatan kali ini saya akan membahas bagaimana sih cara agar produk dagangan di shopee bisa dilihat oleh banyak orang?
Cara menggunakan fitur ads paid iklanku shopee  2017
Shopee Ads
Cara mempromosikan produk jualan kita sebetulnya banyak cara yang bisa dilakukan, hal paling mudah yaitu dengan cara share produk jualan melalui medsos, bisa di facebook, instagram, fanpage, twitter dan jenis medsos lainnya, gunanya agar pengguna medsos lainnya tahu produk yang kamu jual dan besar kemungkinan mereka akan mengunjungi akun shopee kamu.

Memanfaatkan fitur shopee Ads iklanku menjangkau lebih banyak  dilihat pengguna shopee dan mengunjungi toko Anda


Namun jika ingin lebih cepat mendatangkan pengunjung tanpa harus cape cape share ke medsos, caranya yaitu memanfaatkan fitur iklanku yang sudah tersedia di dalam situs shopee. Lalu bagaimana cara mengiklankan produk yang kita jual di shopee agar lebih banyak dilihat oleh banyak orang dengan fitur iklanku?.

Sebelum menjawab ada baiknya kamu simak sejenak penjelasan dibawah ini.

Salah satu situs e-Commerce marketplace yang sedang naik daun di Indonesia, Shopee di bulan Maret 2017 baru saja meluncurkan fitur paid ads di mana Anda bisa melakukan bidding, di kata / keyword / search term mana saja yang kamu target.

Berbeda dengan Top Ads (Iklan berbayar Tokopedia Dan Bukalapak), di mana iklan muncul per kategori tanpa bisa mengontrol muncul di mana dan search term apa, di Iklanku Shopee, Anda bisa mentarget keyword / search term apa yang Anda target.

Biasanya apabila ada platform Ads baru yang baru dilaunch, akan membuka peluang dan kesempatan baru untuk Anda.

Contohnya: Setiap user shopee mencari "Tas Zara" maka akan muncul produk yang bersangkutan dengan keyword dan biasanya akan ada tuliaan iklan seperti gambar berikut.
Cara mudah mendatangkan  pengunjung di shopee ads
Iklan Shopee.id
Produk yang di iklankan biasanya selalu muncul di bagian paling atas merujuk ke keyword kata kunci produk.

Namun fitur ini tidaklah gratis, untuk menggunakan fitur ini kamu harus mengeluarkan dana sekian rupiah untuk membeli saldo top up iklanku, saldo yang akan digunakan mempromosikan produk nantinya. Mulai dari 50rb hingga 1jt sesuaikan dengan kebutuhan saja.

Manfaat yang didapat dari fitur Iklanku.
  • Jangkau pembeli disaat pembeli mencari produk yang kamu jual.

Pelajari bagaiana cara membuat iklan agar produk kamu bisa dilihat oleh lebih banyak pengguna Shopee.

1. Meningkatkan Exposure Produk
Jika kamu menggunakan fitur iklanku besar kemungkinan produk jualan kamu akan muncul di posisi halaman depan pencarian produk.

2. Menjangkau Lebih Banyak Pembeli
Fitur iklanku juga memungkinkan produk jualan kamu akan muncul di setiap kata kunci pencarian yang berhubungan dengan produk jualan kamu.

Cara yang sangat mudah sekali menjalankan fitur Ads paid iklanku di Shopee.id


Pertama yang harus kamu lakukan untuk menggunakan fitur ini, kunjungi terlebih dahulu situs Shopee Seller Center. Login/Masuk dengan akun shopee yang kamu miliki.

1. Klik Promosiku (lihat gambar)
Cara menggunakan fitur ads iklankan produk di Shopee
Dashboard akun Shopee
2. Klik Iklanku (lihat gambar)
Meningkatkan penjualan dengan fitur ads shopee
Iklanku Shopee
3. Daftar Top Up Iklanku
Kamu bisa membeli saldo top up mulai dari 20 hingga 1jt. Lakukan pembelian dan pembayaran seperti biasa (Cara Melunasi Pembayaran Di Shopee Melalui Transfer)
Membership Iklanku Shopee.id
Nah jika kamu sudah melakukan pembelian dan melunasi pembayaran, kamu akan mendapatkan notifikasi pemberitahuan melalui email atau akun shopee bahwa pembelian top up iklanku sudah sampai.

4. Buat baru
Kamu bisa langsung memulai mengiklankan salah satu produk mana saja yang nantinya menjadi target
Cara mudah menggunakan fitur ads ahopee iklanku
Buat Baru Iklanku Shopee.id
5. Pilih Produk
Usahakan memilih produk yang  sekiranya bisa menarik perhatian para pengguna shopee (lihat gambar)
Manfaat paid ads iklanku shopee meningkatkan penjualan
Pilih Produk Iklanku Shopee.id
6. Target Kata Kunci
  • Usahakan menggunakan keyword/kata kunci sesuai produk
  • Sesuaikan dana top up yang akan dipergunakan (jika perlu)
  • Beri jangka waktu akhiri iklan (jika perlu)
Cara musah menggunakan layann ads iklanku di shopee.id
Atur Jangka Waktu dan Pembiayaan
7. Fitur Iklanku Sudah Berjalan
Cara menggunakan fitur ads shopee
Fitur Iklanku Shopee Aktif
Di menu report juga kamu bisa melihat performa iklan berdasarkan periode yang kamu pilih. Memantau berjalannya iklan click to enlarge.

Performa baik dan buruknya kinerja Ads paid Shopee.id alias Iklanku


Kira-kira bagaimana ya cara mengetahui perfoma ads kita?

Jika dilihat dari menu cara di atas, ada 2 hal yang mempengaruhi peringkat rata-rata posisi iklan kita:

Peringkat rata-rata menunjukkan posisi iklan dalam halaman hasil pencarian untuk periode waktu tertentu. Hal ini dipengaruhi oleh biaya per klik dan tingkat relevansi kata pencarian.

Faktor pertama adalah biaya per klik, berarti semakin tinggi Anda menempatkan bid, maka posisi Anda akan semakin tinggi. Pastikan dulu keyword yang ingin Anda naikkan bidnya adalah keyword yang paling relevan dan menghasilkan sales (kolom paling kanan).

Faktor kedua adalah tingkat “relevansi kata pencarian” relevansi kata yang dicari dengan apa? nah ini tidak ada di helpnya jadi saya masih harus tanya ke team mereka!

Namun kalau kita bandingkan dengan Google Adwords atau Facebook Ads, definisi "relevansi kata pencarian” bisa memiliki beberapa definisi

1. Apakah "relevansi kata pencarian” dengan kata (=keyword) yang ada di produk description (produk detail) Kamu? berarti ini seperti SEO onpage di halaman produk kamu. Semakin relevan produk description (produk detail) Anda dengan keyword yang Anda target, maka iklan kamu bisa lebih murah.

2. Atau dengan gambar dan title produk Anda, misalnya kalau calon customer mencari tas pesta wanita, ternyata iklan Anda muncul, berarti iklan Anda tidak relevan. Biasanya ini terkait dengan tingkat Click Through Rate (CTR), semakin tinggi CTR berarti iklan Anda relevan dan menarik (copywritingnya atau offernya) untuk calon customer.

Menurut perkiraan saya “relevansi kata pencarian” terkait dengan CTR, dan bukan SEO onpage.

Kamu bisa mencoba test di kolom pencarian shopee relevansi iklaku merujuk pada judul produk dan hastag atau sebaliknya ditentukan oleh seberapa besarnya biaya CTR /Click.

Selamat mencoba, dan semoga tutorial ini bisa bermanfaat. 

No comments for "Fitur Iklanku Shopee.id (Paid Ads)"

Berlangganan via Email