Sejarah Merek Cristian DIOR (Dior) Perancis

Christian Dior adalah seorang perancang busana terkenal dari Perancis. Butik-butiknya tersebar di Paris, London, Milan, Tokyo, Shanghai, Hong Kong, New York, Boston, Los Angeles, Honolulu, Las Vegas, San Francisco, Sydney, dan Melbourne. la dilahirkan di Granville, Manche, Normandy dari keluarga Maurice Dior, seorang pengusaha bahan kimia dan pupuk tanaman, dan istrinya Madeleine Martin.
Cristian Dior
Dior
Christian Dior merupakan salah satu perancang busana paling berpengaruh di dunia, selama karirnya, dia bertanggung jawab untuk sebagian besar penyebaran desain fashion Perancis ke seluruh dunia.

Cristian Dior
Cristian Dior
Cristian Dior
Lahir: 21 Januari 1905, Granville, Perancis
Meninggal: 23 Oktober 1957, Montecatini Terme, Italia

Kebangsaan: Prancis

Nama Orang Tua:
Ayah: Maurice Dior
Ibu: Isabelle Cardamone, Madeleine Dior

Karya Seni: Bodice and skirt in in black heavy-weight worsted wool twill.
Ditampilkan Di: Museum Kota New York, Metropolitan Museum of Art, Museum of Fine Arts, Boston

Dior lahir di kota tepi laut Granville di Normandy, Perancis.

Christian Dior berasal dari keluarga kaya dan dibesarkan bersama dengan empat saudara lainnya di sebuah rumah dengan pemandangan laut, ketika Dior berusia sekitar lima tahun, keluarganya pindah ke Paris, tapi secara teratur masih kembali ke pantai Normandia untuk liburan musim panas.

Dior mempelajari ilmu politik untuk menyenangkan orang tuanya meskipun sebenarnya dia berkeinginan menjadi seorang arsitek, meskipun orang tua Christian Dior berharap anak mereka kelak menjadi seorang diplomat, sang ayah akhirnya bersedia membiayai pembukaan galeri seni kecil milik Dior pada tahun1928.

Galeri seni kecil itu ternyata cukup sukses dan memamerkan berbagai karya seniman besar seperti Pablo Picasso, tiga tahun kemudian, setelah kematian ibu dan kakaknya serta akibat terjadinya penurunan bisnis pupuk yang digeluti keluarga Dior, galeri seni kecil tersebut harus ditutup.

Seiring penutupan galeri, Christian Dior menghidupi dirinya dengan menjual sketsa busana untuk rumah adibusana, selanjutnya, dia menjadi asisten desainer Robert Piguet. Dior pernah membuat gaun untuk istri perwira Nazi selama Perang Dunia II.

Dia bekerja untuk perusahaan fashion cukup besar yang dimiliki oleh Lucien Lelong pada tahun 1940-1945 sebelum beralih ke bisnis serupa milik Marcel Boussac.

Boussac, disebut The King of Cotton, memiliki sebuah perusahaan pakaian bernama Phillipe di Gaston, Boussac membantu membiayai pendirianThe House ofD/ordi sebuah rumah besar dengan delapan karyawan.

Pada tahun 1947, label New Look milik Christian Dior pada masa itu sangat mempengaruhi mode di seluruh dunia, istilah New Look diberikan kepada desain Dior karena dianggap memiliki tampilan berbeda dari gaya busana pada waktu itu.

Gaun rancangan Dior terkenal menarik seperti misalnya rancangan dengan bentuk jam pasir yang menjadi tren pada akhir 1940-an hingga awal 1950-an. Christian Dior menjadi sukses dan kaya sebagai perancang busana terkenal dunia.

Dia meninggal di Italia pada tahun 1957 setelah tersedak tulang ikan dan kemudian mengalami serangan jantung.

Yves Saint Laurent, asisten Dior selama empat tahun, menjadi kepala desainer Dior setelah kematian sang pendiri.

No comments for "Sejarah Merek Cristian DIOR (Dior) Perancis"

Berlangganan via Email