Penemu Proses Daguerreotype (kamera alamiah) 'Louis Jacques'

Louis Jacques
Louis Jacques Monde da Guerre
Lahir: 18 November 1787, Cormeilles-en-Parisis, Perancis
Meninggal: 10 Juli 1851, Bry-sur-Marne, Perancis

Nama Orang Tua:
  • Ibu: Anne Antoinette Hauterre,
  • Ayah: Louis Jacques Daguerre
Dikenal sebagai:
Penemu Proses Daguerreotype

Hasil fotografi Daguerreotype:
Ditampilkan di Museum Getty, Walker Art Gallery

Penemu Proses Daguerreotype (kamera alam)
Louis Jacques Monde Da Guerre Louis Jacques Monde da Guerre lahir di Perancis, pada 18 November 1787. Louis adalah seorang seniman dan kimiawan berkebangsaan Perancis. Semasa muda Louis bergelut di bidang seni. Ia mulai terkenal sejak penemuannya tentang proses fotografi Daguerreotype.
Penemu Ilustrasi Proses Daguerreotype
Ilustrasi Proses Daguerreotype
Di usia pertengahan tiga puluh, ia telah berhasil merancang diograma, yaitu barisan lukisan pemandangan yang dapat menunjukkan lukisan terlihat indah dengan bantuan efek cahaya. la mulai mengembangkan suatu cara melukis kembali pemandangan secara otomatis tanpa menggunakan kuas dan cat.

Louis sempat mengalami kegagalan pada rancangan pertama, ia mulai melakukan percobaan untuk menciptakan gambar pada tahun 1824 dan menunjukkan diorama tersebut di Perancis, Inggris dan Skotlandia. Ia sempat membuka Diorama di Paris pada tahun 1822, pameran tampilan gambar dengan berbagai efek yang disebabkan karena perubahan cahaya.

Pada tahun 1827 louis bertemu dengan Joseph Nicephore Niepce yang sedang membuat kamera dengan karya foto pertama pada tahun 1826, namun gambarnya masih kabur. Louis mengadakan kerjasama pada tahun 1829 untuk mengembangkan kamera, namun pada tahun 1833 Niepce meninggal dunia. la berhasil menciptakan sistem praktis fotografi yang diberi nama daguerreotype.

Daguerreotype merupakan metode membuat foto yang pertama di publikasikan di dunia. Metode ini diciptakan pada tahun 1834 oleh Louis dan Niepce. Gambar yang dihasilkan sistem Daguerrotype terbuat dari amalgam atau campuran perak dan mercury. Uap mercury yang dihasilkan dari kolam raksa yang telah dipanaskan digunakan untuk mengembangkan pelat tembaga dengan lapisan peraktipis yang digulung di dalam kontak.

Namun hasil gambar sistem Daguerrotype mudah terhapus oleh udara maupun jari, sehingga dilakukan diruang tertutup dan hasilnya dimasukkan kedalam bingkai kaca. Hasil gambarnya dapat disalin kembali dengan redaguerrotype aslinya. Louis kembali melanjutkan penelitiannya dengan melakukan eksperimen bahan kimia dan proses mekanik dalam merekam gambar dengan melapisi pelat tembaga dan Derak.

Pada tahun 1835, ia telah menemukan cara mengembangkan hasil foto selama 30 menit, sehinggga dapat memperbaiki gambar yang dihasilkan. Cara tersebut mampu mencegah penggelapan pelat perak yang digunakan. Pada tahun 1837, ia berhasil menyempurnakan dari proses eksposur hingga flksasi. Pemerintah Perancis memberikan penghargaan kepada Louis dan keluarga Niepce berupa uang pensiun seumur hidup. Louis meninggal di Brysur Marne, Perancis, pada 10 Juli 1851, di usia 63 tahun.

Edwin Land adalah penemu kamera Polaroid. Edwin Land merupakan penemu dan ilmuwan berkebangsaan Amerika, Iahir pada 7 Mei 1909. Kamera Polaroid adalah kamera Iangsung jadi yang dapat Iangsung mencetak mencetak hasil pemotretan yang diproses dalam badan kamera. Kamera ini rancang oleh Edwin dan mulai dipasarkan pada tahun 1947. Jepretan pertama menggunakan kamera ini dilakukan oleh Edwin pada tahun 1944.

Pada awalnya kamera ini menggunakan model film instand di tahun 1948, lalu menggunakan film yang di kupas. Akhirnya pada tahun 1972,diganti dengan menggunakan format kering yang masih digunakan hingga sekarang. Edwin telah banyak menemukan penemuan seperti filter untuk polarisasi cahaya, sistem praktis pada kamera instan dan lain sebagainya. Edwin meninggal pada tanggal 1 Maret 1991 di Cambridge, Massachusetts, di usia 81 tahun dan dimakamkan di Mount Auburn Cemetery di Cambridge.

Di zaman sekarang, dari perkembangan kamera tersebut kemudian memunculkan banyakjenis dan model kamera yang beredar dipasaran dari yang bentuknya sederhana atau manual hingga sangat canggih atau kamera digital. Jenis dari kamera ini sebut saja kamera polaroid, kamera film, kamera saku atau pocket, kamera TLR (Twin Lens Reflex) dan kamera Kamera SLR (Single Lens Reflex) yang banyak digunakan oleh para fotografer. Demikian penjelasan tentang sejarah dari penemuan dari kamera serta profil dari penemu kamera yaitu Louis Jacques Monde da Guerre dan Edwin Land.

Catatan:
Tahukah anda bahwa sebetulnya teori mengenai penemuan kamera (abscure) pertamakali ditemukan oleh ilmuan muslim asal irak yaitu 'Hasan bin al-Haitsam (Alhazen)'. Pada tahun 1020 M di Al-Azhar Mesir. Dan dilanjutkan oleh ahli ahli ilmuan dunia lainnya hingga saat ini.

Kamera dari tahun ke tahun terus menerus mengalami perkembangan seiring dengan makin canggihnya teknologi. Dulu ketika pertama kali ditemukan bentuk kamera yang berfungsi untuk menangkap dan menghasilkan gambar ini ukurannya masih sangat besar dan masih sulit untuk dioperasikan namun seiring dengan perkembangan zaman, model kamera sekarang ini bentuknya makin canggih dan ada yang besar dan juga kecil serta sangat mudah untuk digunakan.

Jika menurut kamu Artikel ini bermanfaat, jangan lupa like dan subscribe atau share melalui akun jejaring social kamu. Terimakasih 😉

No comments for "Penemu Proses Daguerreotype (kamera alamiah) 'Louis Jacques'"

Berlangganan via Email