Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Merek ZARA di Dirikan Pada Tahun 1975 Spanyol

Zara adalah salah satu merek yg berasal dari Spanyol dan bermarkas di Arteixo, Gallicia. Zara didirikan pada tahun 1975 oleh Armancio Ortega dan Rosallia mera.
Sejarah Merek Zara
Zara
Zara sendiri merupakan flagship store dari Inditex, yg juga memiliki beberapa merek ternama lainnya seperti : Massimo Dutti, Pull and Bear, Oysho, Uterque, Stradivarius dan Bershka.

Biografi Pendiri Merek Zara

Armancio Ortega
Armancio Ortega
Amancio Ortega
Lahir: Amancio Ortega Gaona. 28 Maret 1936 (umur 81) Busdongo de Arbas, Leon, Spanyol

Tempat tinggal: A Coruna, Spanyol
Kebangsaan: Spanyol

Pekerjaan: Pebisnis
Dikenal: Pendiri Zara, Inditex Group

Istri:
  • Rosalia Mera (cerai)
  • Flora PĂ©rez Marcote (2001)
Anak anak: Sandra Ortega Mera, Marcos Ortega Mera, Marta Ortega Perez.

Ortega lahir di Busdongo de Arbas, Leen, Spanyol, dan menghabiskan masa kecilnya di Leen. Ia adalah anak termuda di keluarganya. la pindah ke La Coruna pada usia 14 tahun karena profesi yang dijalani ayahnya, seorang pekerja kereta api. Saat masih remaja, Ortega bekerja di toko baju setempat bernama Gala, yang saat ini masih berdiri di tempat yang sama di pusat kota La Coruna.
Confecciones Goa
Confecciones Goa 
Tahun 1972, ia mendirikan Confecciones Goa (kebalikan dari inisialnya). Toko tersebut menjual jubah mandi tenun yang diproduksi ribuan wanita setempat yang tergabung dalam beberapa koperasi jahit. Pada tahun 1975, ia membuka toko Zara pertamanya. Diberi nama Zara karena nama kesukaannya, Zorba, sudah ada yang punya.

Hari ini, Zara merupakan bagian dari grup Inditex (Industrias de Diseno Textil Sociedad Anenima) yang 59,29% sahamnya dipegang Ortega. Inditex memiliki lebih dari 6.000 toko dengan merek Zara, Massimo Dutti, Oysho, Zara Home, Kiddy's Class, Tempe, Stradivarius, Pull and Bear, dan Bershka. Jumlah karyawannya mencapai lebih dari 92.000 orang.

Ortega sangat menutup diri dari dunia luar dan bersikap sederhana. Baru pada tahun 1999 foto dirinya diterbitkan. Ia mengunjungi kedai kopi yang sama setiap hari dan makan siang bersama karyawannya di kantin kantor.

Ia menolak mengenakan dasi dan biasanya cuma memakai seragam biasa berupa blazer biru, baju putih, dan celana abu-abu. Semuanya bukan produk Zara. la juga sangat aktif dalam menangani proses produksi dan desain di perusahaannya.

Ketika Ortega muncul di hadapan publik pada tahun 2000, pers keuangan Spanyol peristiwa ini secara besar-besaran. Saat itu ia menghadiri acara pemanasan sebelum penawaran umum perdana (IPO) Inditex tahun 2001. Ortega seumur hidupnya baru mengizinkan tiga jurnalis untuk mewawancarainya dan rahasia pribadinya mendorong sejumlah orang menulis buku tentang dirinya, seperti Amancio Ortega: de cero a Zara (From Zero to Zara).

Pada tahun 2011, Ortega menyatakan pensiun dini dari Inditex, perusahaan induk Zara, dan meminta wakil presiden dan CEO Inditex Pablo lsla menggantikannya sebagai pemimpin raksasa tekstil ini. Pada tahun 2012, Ortega menyumbangkan 20 juta euro ke Caritas Internationalis, organisasi bantuan kemanusiaan Katolik Roma.
flagship store Zara lnditex
flagship store Zara lnditex
Zara merupakan flagship store dari lnditex, yg juga memiliki beberapa merek ternama lainnya seperti : Massimo Dutti, Pull and Bear, Oysho, Uterque, Stradivarius dan Bershka.

Zara hanya membutuhkan waktu kurang lebih 2 minggu untuk mengembangkan produk-produk barunya dan meluncurkan sekitar 10.000 design baru setiap tahunnya.

Armancio ortega pertama kali membuka Zara Store di sebuah jalan utama di pusat kota A Coruna, Galicia, Spanyol. Toko tersebut ternyata cukup sukses, sehingga Armancio membuka beberapa store lagi di Spanyol.

Selama tahun 1980, Ortega mulai mengubah desain, manufaktur dan proses distribusi untuk mengurangi lead time dan bereaksi terhadap tren baru dalam cara yang lebih cepat, dalam apa yang ia sebut "mode instan".

Pada tahun 1980, perusahaan mulai melakukan ekspansi internasional melalui Porto, Portugal. Pada tahun 1989 mereka memasuki Amerika Serikat dan Perancis pada tahun 1990. Dan hingga saat ini, Zara sudah terdapat di 73 negara di Dunia termasuk di Indonesia.

Zara memiliki beberapa jenis pakaian, mulai dari Wanita (Woman dan TRF), Pria (Men), anak-anak (Zara Kids), Zara Home hingga kosmetik. Store Zara paling banyak berada di Spanyol (329 toko), dan Prancis (114 Toko). Sementara di Indonesia, Zara hanya ada 13 toko.

Louis Vuitton Fashion Director Daniel Piette mendeskripsikan Zara sebagai "retailer yang paling inofatif dan sangat efektif di dunia ini."

Sekian Informasi mengenai Brand Terkenal ZaRa. Semoga Informasi ini bisa menambah pengetahuan dan wawasan dunia mode.

Sumber Referensi: Wikepedia

Post a Comment for "Merek ZARA di Dirikan Pada Tahun 1975 Spanyol"

Berlangganan via Email