Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kenapa Harga Barang Dari Batam Relatif Lebih Murah?

Alasan kenapa Produk Dari Batam Lebih Murah dibandingkan dari wilayah Lain di Indonesia.

Sering menjadi pertanyaan Produk dari Batam sangat Murah ? 
Alasan produk batam lebih murah
Kenapa Barang Batam Murah?
Jadi alasan kenapa harga Tas, Elektronika dan Handphone di Batam itu murah dikarenakan Batam adalah daerah FTZ (Free Trade Zone) sesuai dengan UU No. 44 Tahun 2007. FTZ adalah sebuah kebijakan yang berbentuk fasilitas atau membebaskan beberapa jenis obyek perdagangan dari beberapa negara dengan aturan kepabeanan termasuk pajak dan retribusi. Artinya kebebasan berdagang antar negara. 

Penerapan FTZ di Batam adalah segala barang yang masuk ke Batam bebas dari PPN (pajak pertambahan nilai) dan itulah alasannya barang-barang di Batam termasuk murah termasuk barang elektronika dan handphone. Disini hanya menegaskan tentang elektronika dan handphone. Setiap barang elektronika dan handphone yang di kirim ke Batam juga bebas BEA CUKAI dan tidak dikenakan pajak FTZ sebesar 17,5°/o dari harga barang. 

Produk garansi resmi di kirim dari pusat ke batam, bukan pusat pabrik, namum pusat ditributor di indonesia yaitu jakarta, produk garansi resmi tersebut di kirim dari jakarta ke batam, namum untuk harga jual retail maupun grosir harga di batam sudah bebas ppn, sedangkan jika kita beli produk tersebut di jakarta atau daerah lain seperti bandung dll, harga sudah di kenakan PPN. 

Contoh : Galaxy Note harga di jakarta sekitar 7jt rupiah itu sudah termasuk PPN. Jadi PPN untuk smartphone tersebut sebesar 20% berarti produk tersebut jika di Batam hanya di jual dengan kirasaran harga 5,2 juta, jadi wajar kalau harga boleh jauh Iebih murah, namum kualitas dan garansi kedua produk ini sama.

ltulah sering muncul pertanyaan : "Kenapa di kota Batam harga murah di banding di kota kota lain" 

Namun untuk produk elektronik atau smartphone Anda harus lebih berhati-hati, jangan sampai tergiur karena harga murah. Belilah produk yang menyediakan garansi Resmi.

Bagi sebaian orang, Batam memang sudah di kenal sebagai pusat belanja barang terkenal dengan harga Murah dan tempat Transit Antara Singapore atau Johor Malaysia. karena alasan tersebut hampir semua pelancong Domestik yang ke Batam membawa Paspor.

Besar kemungkinan produk tidak resmi atau yang sering di sebut BM (Black Market) bahkan produk Rekondisi sangat menjamur di sana. arti lain yang dimaksud produk Rekondisi ialah sebagai contoh, dimana ponsel dari negara lain yang sudah rusak atau mati total di service, lalu di hudupkan kembali menggunakan sofware tertentu dan di jual kembali dengan harga yang sangat rendah.

Itulah alasan kenapa BATAM lebih dikenal sebagai pusat Belanja dengan harga lebih rendah di banding wilayah lain di Indonesia.

Semoga Informasi Ini bermanfaat, Sekian dan Terimakasih.

Post a Comment for "Kenapa Harga Barang Dari Batam Relatif Lebih Murah?"

Berlangganan via Email